Skip to content
  • General

Cara Menghapus Domain Blogspot

Pengantar

Sobat Blogging, jika kamu memiliki blog di platform Blogspot, mungkin ada saatnya kamu ingin menghapus domain Blogspot yang digunakan. Terkadang, alasan untuk menghapus domain Blogspot bisa bermacam-macam, seperti ingin menggunakan domain kustom atau memindahkan blog ke platform lain. Nah, pada artikel ini, kita akan membahas cara menghapus domain Blogspot secara lengkap dan detail. Simak setiap poinnya dengan baik, agar kamu bisa menghapus domain Blogspotmu dengan mudah dan tepat.

Pendahuluan

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai cara menghapus domain Blogspot, ada baiknya kita sedikit mengenal tentang Blogspot itu sendiri. Blogspot adalah salah satu platform blogging yang populer dan dimiliki oleh Google. Dengan menggunakan Blogspot, kita dapat membuat blog dengan mudah dan gratis. Namun, Blogspot memberikan alamat blog dengan format www.namablog.blogspot.com, yang mana domain tersebut masih terhubung dengan platform Blogspot. Jika kamu ingin memiliki domain kustom, kamu perlu menghapus domain Blogspot terlebih dahulu. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghapus domain Blogspot:

Langkah-langkah Menghapus Domain Blogspot

Langkah 1: Masuk ke Pengaturan

Buka halaman dasbor Blogspot dan pilih blog yang ingin kamu hapus domainnya. Setelah itu, klik tombol “Pengaturan” di panel sebelah kiri halaman. Kemudian, pilih opsi “Dasar”.

Langkah 2: Edit URL Blog

Pada bagian “URL Blog”, klik tombol “Edit” yang ada di sebelah kanan. Kamu akan diarahkan ke halaman pengaturan URL.

Langkah 3: Hapus Domain Blogspot

Pada halaman pengaturan URL, kamu akan melihat bagian “Berikan domain kustommu.” Di sini, kamu akan melihat pilihan untuk menambahkan domain baru atau menggunakan domain yang sudah kamu miliki. Untuk menghapus domain Blogspot, pilih opsi “Matikan domain blogspot.com untuk blog ini.”

Langkah 4: Verifikasi Domain

Setelah memilih opsi untuk matikan domain Blogspot, kamu akan diminta untuk memverifikasi kepemilikan domain baru atau domain yang sudah kamu miliki. Ada beberapa metode verifikasi yang bisa kamu pilih, seperti menggunakan TXT record atau HTML tag. Pilih metode verifikasi yang paling sesuai dengan kamu dan ikuti langkah-langkah yang diberikan.

Langkah 5: Konfirmasi Penghapusan Domain

Setelah verifikasi berhasil, kembali ke halaman pengaturan URL. Kamu akan melihat pesan konfirmasi bahwa domain Blogspot berhasil dihapus. Pastikan untuk membaca pesan konfirmasi dengan seksama dan klik tombol “Simpan” untuk menyimpan perubahan yang telah dilakukan.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Menghapus Domain Blogspot

Kelebihan

1. Menghapus domain Blogspot memberikan fleksibilitas dalam menggunakan domain kustom yang sesuai dengan brand atau preferensi kamu.
2. Dengan memiliki domain kustom, blog kamu akan terlihat lebih profesional dan mudah diingat oleh pengunjung.
3. Menghapus domain Blogspot dapat meningkatkan eksposur blog kamu di mesin pencari, seperti Google, karena domain kustom cenderung memiliki bobot yang lebih tinggi dalam peringkat SEO.

Kekurangan

1. Menghapus domain Blogspot akan mengubah alamat blog kamu yang sudah dikenal oleh pengunjung atau pembaca setia, sehingga perlu melakukan pengalihan URL atau memberitahukan perubahan tersebut kepada pengunjung.
2. Jika menggunakan domain kustom yang berbayar, kamu perlu mengeluarkan biaya untuk membeli dan memperpanjang domain tersebut setiap tahunnya.
3. Menghapus domain Blogspot juga berarti kehilangan “powered by Blogger” yang terdapat di bagian bawah blog. Ini bisa menjadi salah satu indikasi bahwa blog kamu menggunakan platform Blogspot.

Tabel Informasi Cara Menghapus Domain Blogspot

Langkah
Keterangan
1
Masuk ke Pengaturan
2
Edit URL Blog
3
Hapus Domain Blogspot
4
Verifikasi Domain
5
Konfirmasi Penghapusan Domain

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa yang terjadi setelah menghapus domain Blogspot?

Setelah menghapus domain Blogspot, alamat blog kamu akan berubah sesuai dengan domain kustom yang kamu gunakan. Kamu perlu menginformasikan perubahan URL ini kepada pengunjung atau pembaca blog.

2. Apakah data dan konten blog akan terpengaruh setelah menghapus domain Blogspot?

Tidak ada dampak pada data atau konten blog setelah menghapus domain Blogspot. Blog dan kontennya akan tetap ada dan dapat diakses seperti biasa.

3. Apakah perubahan domain berdampak pada peringkat SEO blog?

Perubahan domain dapat mempengaruhi peringkat SEO blog sementara. Namun, jika kamu melakukan langkah-langkah yang benar, seperti melakukan pengalihan URL dan mengoptimalkan SEO kembali, peringkat blog kamu akan pulih dalam waktu singkat.

4. Apakah bisa mengubah alamat blog setelah menghapus domain Blogspot?

Ya, kamu masih dapat mengubah alamat blog setelah menghapus domain Blogspot. Namun, pastikan untuk menggunakan alamat yang relevan dan mudah diingat agar pengunjung mudah menemukan blog kamu.

5. Apakah domain Blogspot bisa dihapus jika blog masih aktif?

Ya, kamu bisa menghapus domain Blogspot meskipun blog masih aktif. Namun, sebaiknya lakukan pengalihan URL atau beri tahu pengunjung blog tentang perubahan tersebut untuk menghindari kebingungan.

Kesimpulan

Sobat Blogging, menghapus domain Blogspot memang bisa menjadi langkah yang tepat jika kamu ingin menggunakan domain kustom atau memindahkan blog ke platform lain. Namun, sebelum menghapus domain Blogspot, pertimbangkan dengan baik kelebihan dan kekurangannya. Pastikan juga untuk mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas dengan seksama agar proses penghapusan domain berjalan lancar. Bila ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi Layanan Pelanggan Blogspot. Selamat menghapus domain Blogspot dan semoga sukses dengan langkah yang kamu ambil!

Kata Penutup

Disclaimer: Artikel ini hanya bertujuan untuk memberikan informasi mengenai cara menghapus domain Blogspot. Setiap tindakan yang diambil setelah membaca artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab pembaca. Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau kehilangan yang mungkin terjadi akibat penggunaan informasi dalam artikel ini.

Saran Video Seputar : Cara Menghapus Domain Blogspot

Ahmad Tri S

Ahmad Tri S

"Penulis blog ini merupakan seorang blogger dengan latar belakang blogger, jurnalis dan tech savy, penulis ini secara konsisten memberikan kontribusi berupa kisah-kisah mendalam dan pandangan yang tajam. Karyanya mencerminkan dedikasinya terhadap keahlian blogging yang memukau, membawa pembaca dalam perjalanan pengalaman dan inspirasi."View Author posts

Share this post on social