Skip to content
  • General

Cara Menggunakan Form pada WordPress

Halo, Rekan Blogger! Selamat datang kembali di artikel tutorial kali ini. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara menggunakan form pada platform WordPress. Form adalah salah satu elemen penting dalam sebuah website, terutama untuk memfasilitasi interaksi antara pengguna dan pemilik website. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap dan detail mengenai langkah-langkah menggunakan form pada WordPress. Mari kita mulai!

Berikut ini adalah tiga paragraf penjelasan mengenai pentingnya form dalam sebuah website. Pertama, form memungkinkan pengguna untuk mengirimkan data atau menghubungi pemilik website dengan lebih mudah. Dengan menggunakan form, pengguna dapat mengisi kolom-kolom yang disediakan sesuai dengan informasi yang diminta oleh pemilik website. Kedua, form juga memungkinkan pemilik website untuk mengumpulkan data dari pengguna, seperti alamat email, nama pengguna, atau komentar. Data ini dapat sangat berharga dalam melakukan analisis pengguna atau mengirimkan informasi terbaru kepada pengguna. Terakhir, form juga memudahkan pengguna dalam berinteraksi dengan website, sehingga meningkatkan pengalaman pengguna dan membuat website lebih user-friendly.

Nah, setelah mengetahui pentingnya form dalam sebuah website, sekarang kita akan membahas langkah-langkah dalam menggunakan form pada WordPress. Form pada WordPress dapat dibuat menggunakan plugin khusus seperti Contact Form 7, yang merupakan salah satu plugin form terpopuler. Plugin ini menyediakan berbagai fitur dan opsi dalam membuat, mengedit, dan menyesuaikan form sesuai dengan kebutuhan website. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan form pada WordPress dengan menggunakan plugin Contact Form 7.

Langkah 1: Menginstall dan Mengaktifkan Plugin Contact Form 7

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menginstall dan mengaktifkan plugin Contact Form 7. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke dashboard WordPress
  2. Klik menu “Plugins” di sidebar kiri
  3. Klik tombol “Add New” di atas halaman
  4. Cari plugin Contact Form 7 menggunakan kotak pencarian
  5. Klik tombol “Install Now” di bawah deskripsi plugin
  6. Tunggu hingga proses instalasi selesai, lalu klik tombol “Activate”

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, plugin Contact Form 7 akan terinstall dan aktif di website WordPress Anda.

Langkah 2: Membuat Form Baru

Setelah plugin Contact Form 7 aktif, langkah berikutnya adalah membuat form baru. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke dashboard WordPress
  2. Klik menu “Contact” di sidebar kiri
  3. Pada halaman Contact Form 1 (form default yang telah terbentuk), Anda dapat mengedit form sesuai kebutuhan atau membuat form baru dengan menekan tombol “Add New”
  4. Pada halaman edit form, Anda dapat menyesuaikan kolom-kolom yang akan ditampilkan pada form. Anda dapat menambahkan kolom teks, email, checkbox, dropdown, dan sebagainya
  5. Setelah menyesuaikan form, klik tombol “Save” atau “Save Form” untuk menyimpan perubahan

Anda dapat membuat sebanyak mungkin form sesuai dengan kebutuhan website Anda. Setelah form selesai dibuat dan disimpan, Anda dapat menggunakan shortcode yang disediakan oleh Contact Form 7 untuk memasukkan form ke dalam posting atau halaman WordPress Anda.

Langkah 3: Menampilkan Form pada Posting atau Halaman WordPress

Setelah form selesai dibuat dan disimpan, langkah terakhir adalah menampilkan form tersebut pada posting atau halaman WordPress Anda. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke dashboard WordPress
  2. Klik menu “Posts” atau “Pages” di sidebar kiri
  3. Pilih posting atau halaman yang akan ditambahkan form
  4. Pada editor posting atau halaman, masukkan shortcode form yang telah disediakan oleh Contact Form 7
  5. Simpan perubahan atau publish posting atau halaman tersebut

Sekarang, form yang telah Anda buat akan tampil di posting atau halaman WordPress tersebut. Pengguna dapat mengisi form dan mengirimkan data sesuai dengan kolom-kolom yang tersedia.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Form pada WordPress

Setelah mengetahui langkah-langkah menggunakan form pada WordPress, ada baiknya juga untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam penggunaan form ini. Berikut adalah tiga paragraf penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan menggunakan form pada WordPress.

Seperti halnya dalam penggunaan teknologi apapun, penggunaan form pada WordPress memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu kelebihan utama adalah kemudahan dalam membuat dan mengelola form yang disediakan oleh plugin Contact Form 7. Plugin ini sangat user-friendly sehingga memudahkan pengguna pemula untuk dapat membuat form dengan mudah. Selain itu, Contact Form 7 juga menyediakan fitur-fitur tambahan seperti reCAPTCHA untuk melindungi form dari spam.

Di sisi lain, kekurangan menggunakan form pada WordPress adalah adanya keterbatasan dalam hal tampilan atau desain form. Meskipun Contact Form 7 menyediakan template default yang dapat digunakan, namun tampilan form tersebut tergolong sederhana dan mungkin kurang menarik. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu mempelajari coding CSS tambahan atau menggunakan plugin tambahan yang menyediakan template form yang lebih menarik dan customisable.

Sebagai kesimpulan, mengapa Anda harus menggunakan form pada WordPress? Form memberikan kemudahan interaksi bagi pengguna website Anda dan memungkinkan pengumpulan data yang berharga. Dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat dengan mudah menggunakan form pada WordPress dan meningkatkan pengalaman pengguna di website Anda. Jangan ragu untuk mencoba dan eksperimen dengan berbagai fitur dan opsi yang disediakan oleh Contact Form 7 untuk mendapatkan form yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

FAQ (Frequently Asked Questions)

PERTANYAAN
JAWABAN
Apa kelebihan menggunakan plugin Contact Form 7?
Plugin Contact Form 7 sangat user-friendly dan menyediakan fitur-fitur tambahan seperti reCAPTCHA untuk melindungi form dari spam.
Bisakah saya mengubah tampilan atau desain form pada plugin Contact Form 7?
Ya, Anda dapat mempelajari coding CSS tambahan atau menggunakan plugin tambahan yang menyediakan template form yang lebih menarik dan customisable.
Apa keuntungan menggunakan form pada WordPress?
Form memberikan kemudahan interaksi bagi pengguna website Anda dan memungkinkan pengumpulan data yang berharga.
Berapa banyak form yang dapat saya buat menggunakan plugin Contact Form 7?
Anda dapat membuat sebanyak mungkin form sesuai dengan kebutuhan website Anda.
Apakah Contact Form 7 gratis?
Ya, plugin Contact Form 7 adalah plugin gratis yang bisa Anda gunakan di WordPress.

Kesimpulan

Setelah mengetahui langkah-langkah menggunakan form pada WordPress dengan menggunakan plugin Contact Form 7, Anda dapat lebih mudah memfasilitasi interaksi antara pengguna dan pemilik website. Dalam artikel ini, telah dibahas secara lengkap dan detail mengenai langkah-langkah membuat dan menampilkan form pada WordPress. Penggunaan form pada WordPress memiliki kelebihan dan kekurangan, namun dengan memanfaatkan plugin Contact Form 7, Anda dapat membuat form dengan mudah dan mengatasi beberapa keterbatasan dalam hal tampilan atau desain form. Selanjutnya, jangan lupa untuk memanfaatkan fitur-fitur tambahan yang disediakan oleh plugin untuk melindungi form dari spam atau meningkatkan fungsionalitas form.

Sekarang, saatnya bagi Anda untuk mencoba langkah-langkah tersebut dan mengimplementasikan form pada website WordPress Anda. Jangan ragu untuk bereksperimen dan eksplorasi fitur-fitur yang ada dalam plugin Contact Form 7. Dengan melakukan ini, Anda dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan memfasilitasi interaksi yang lebih mudah antara pengguna dan website Anda.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera mulai menggunakan form pada WordPress dan tingkatkan pengalaman pengguna di website Anda sekarang juga!

Kata Penutup

Disclaimer: Artikel ini memiliki tujuan informatif dan merupakan panduan umum mengenai cara menggunakan form pada WordPress. Setiap implementasi atau penggunaan form pada WordPress sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan kebijakan masing-masing pengguna. Penulis dan penyedia artikel ini tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan atau kerugian yang timbul akibat penggunaan informasi yang disediakan dalam artikel ini.

Terima kasih telah membaca artikel ini, Rekan Blogger! Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan membantu Anda dalam menggunakan form pada WordPress. Jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Saran Video Seputar : Cara Menggunakan Form pada WordPress

Ahmad Tri S

Ahmad Tri S

"Penulis blog ini merupakan seorang blogger dengan latar belakang blogger, jurnalis dan tech savy, penulis ini secara konsisten memberikan kontribusi berupa kisah-kisah mendalam dan pandangan yang tajam. Karyanya mencerminkan dedikasinya terhadap keahlian blogging yang memukau, membawa pembaca dalam perjalanan pengalaman dan inspirasi."View Author posts

Share this post on social