Skip to content
  • General

Cara Mengarahkan Domain ke Blogspot

Sobat Blogging, kali ini kita akan membahas tentang cara mengarahkan domain ke Blogspot. Bagi kamu yang baru memulai blog atau ingin mengganti platform, Blogspot atau Blogger.com bisa menjadi pilihan yang menarik. Namun, jika kamu telah memiliki domain sendiri, tentu akan lebih baik jika kamu bisa mengarahkannya ke Blogspot. Dengan begitu, kamu dapat menggabungkan keunggulan dari memiliki domain sendiri dan kepraktisan menggunakan Blogspot. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah untuk mengarahkan domain ke Blogspot secara lengkap dan terperinci. Mari simak penjelasan berikut ini.

Pendahuluan

Sebelum kita masuk ke langkah-langkah mengarahkan domain, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu mengarahkan domain ke Blogspot dan mengapa hal tersebut perlu dilakukan. Mengarahkan domain ke Blogspot berarti kita menghubungkan domain yang kita miliki ke alamat blog kita di Blogger.com. Dengan begitu, ketika seseorang mengunjungi domain yang kita miliki, maka dia akan langsung diarahkan ke blog kita di Blogspot.

Ada beberapa alasan mengapa mengarahkan domain ke Blogspot penting:

  1. Memperkuat merek – Dengan mengarahkan domain, blog kita akan tetap terhubung dengan domain yang kita miliki, sehingga membantu memperkuat merek kita di mata pembaca.
  2. Mempermudah akses – Dengan memiliki domain sendiri, pengunjung dapat mengingat alamat blog kita dengan lebih mudah, tanpa harus menghafal URL yang panjang.
  3. Meningkatkan profesionalitas – Mempunyai domain sendiri memberikan kesan profesional dan serius dalam dunia blogging.

Setelah memahami pentingnya mengarahkan domain ke Blogspot, mari kita bahas secara detail langkah-langkahnya.

Langkah-langkah Mengarahkan Domain ke Blogspot

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengarahkan domain ke Blogspot:

1. Masuk ke akun Blogger.com

Langkah pertama adalah masuk ke akun Blogger.com menggunakan akun Google yang terhubung dengan blog kita. Jika belum punya akun, bisa daftar terlebih dahulu. Setelah berhasil masuk, pilih blog yang ingin kita arahkan domainnya ke Blogspot.

2. Buka Pengaturan

Setelah masuk ke dashboard blog, pilih menu “Pengaturan” di sebelah kiri. Kemudian, klik submenu “Dasar”. Tampilan “Pengaturan Dasar” akan muncul.

3. Bagian “Penerbitan”

Pada bagian “Penerbitan”, kita akan menemukan opsi “Domain khusus”. Klik “Tambahkan domain pihak ketiga” untuk memulai proses mengarahkan domain.

4. Masukkan Nama Domain

Setelah mengklik “Tambahkan domain pihak ketiga”, akan muncul jendela pop-up. Masukkan nama domain yang ingin kita arahkan ke Blogspot. Pastikan untuk menghapus “www” dari nama domain agar dapat dimasukkan dengan benar. Contohnya, jika ingin mengarahkan “www.contoh.com”, cukup masukkan “contoh.com”.

5. Konfigurasi DNS

Berikutnya, kita akan mendapatkan informasi tentang konfigurasi DNS yang perlu dilakukan pada akun domain. Proses konfigurasi ini juga disebut dengan istilah “pengalihan domain” atau “domain forwarding”. Untuk melakukan konfigurasi, masuklah ke akun domain yang digunakan dan carilah opsi “Manage DNS” atau “DNS Management”. Kemudian, tambahkan konfigurasi yang diberikan oleh Blogger.com pada pengaturan DNS. Jika merasa kesulitan, dapat menghubungi penyedia domain untuk bantuan lebih lanjut.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Mengarahkan Domain ke Blogspot

Setelah mengetahui langkah-langkah mengarahkan domain ke Blogspot, kita juga perlu memahami kelebihan dan kekurangan dari metode ini. Berikut adalah penjelasannya:

Kelebihan

1. Gratis – Penggunaan Blogspot dan mengarahkan domain ke Blogspot secara gratis tanpa perlu membayar biaya langganan atau domain.

2. Mudah digunakan – Blogspot merupakan platform blogging yang mudah digunakan, terutama bagi pemula yang baru memulai blog.

3. Integrasinya dengan Google – Blogspot memiliki integrasi yang kuat dengan layanan-layanan Google, seperti Google AdSense, Google Analytics, dan lain-lain.

Kekurangan

1. Keterbatasan desain – Blogspot terbatas dalam hal desain dan customisasi, sehingga sulit untuk membuat blog terlihat unik dan berbeda dari yang lain.

2. Ketergantungan pada Blogger.com – Blogspot merupakan layanan dari Blogger.com, sehingga jika Blogger.com mengalami masalah teknis atau tertutup, blog kita juga akan terkena dampaknya.

3. Tidak sepenuhnya profesional – Meskipun menggunakan domain sendiri dengan mengarahkan ke Blogspot memberikan kesan profesional, namun tetap saja terasa kurang profesional dibandingkan dengan menggunakan CMS self-hosted seperti WordPress.

Tabel Cara Mengarahkan Domain ke Blogspot

Langkah
Deskripsi
1
Masuk ke akun Blogger.com
2
Buka Pengaturan
3
Bagian “Penerbitan”
4
Masukkan Nama Domain
5
Konfigurasi DNS

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apakah saya harus membeli domain?

:moneybag: Iya, untuk mengarahkan domain ke Blogspot, Anda perlu memiliki domain terlebih dahulu. Anda dapat membeli domain dari penyedia domain terpercaya.

2. Apakah ada biaya tambahan untuk mengarahkan domain?

:money_with_wings: Tidak, mengarahkan domain ke Blogspot tidak memerlukan biaya tambahan. Anda hanya perlu membayar biaya domain yang sudah dibeli dari penyedia domain.

3. Apakah domain yang sudah digunakan di platform lain bisa diarahkan ke Blogspot?

:closed_lock_with_key: Ya, Anda dapat mengarahkan domain yang sudah digunakan di platform lain, seperti WordPress, ke Blogspot. Namun, perlu diingat bahwa Anda mungkin akan kehilangan beberapa fitur atau alamat URL yang berbeda.

4. Apakah saya dapat menggunakan domain .id untuk mengarahkan ke Blogspot?

:earth_asia: Ya, Anda dapat menggunakan domain dengan ekstensi .id untuk mengarahkan ke Blogspot. Namun, Anda harus mengikuti prosedur yang ditentukan oleh perusahaan registrar domain .id.

5. Apakah saya dapat mengarahkan subdomain ke Blogspot?

:cloud: Ya, Anda dapat mengarahkan subdomain seperti www.namaanda.com ke Blogspot. Caranya sama dengan mengarahkan domain, hanya perlu mengatur konfigurasi DNS untuk subdomain tersebut.

Kesimpulan

Sobat Blogging, mengarahkan domain ke Blogspot adalah cara yang cerdas untuk memanfaatkan kepraktisan menggunakan platform Blogspot dan mendapatkan keuntungan dari memiliki domain sendiri. Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan langkah-langkah untuk mengarahkan domain ke Blogspot secara lengkap. Selain itu, kami juga telah memaparkan kelebihan dan kekurangan dari cara ini. Jika Anda memiliki domain sendiri dan berencana menggunakan Blogspot sebagai platform blogging Anda, mengarahkan domain tentu patut dipertimbangkan.

Tentu saja, dalam menerapkan cara ini, pastikan Anda melakukan konfigurasi DNS dengan sesuai dan benar. Jika merasa kesulitan, jangan ragu untuk menghubungi penyedia domain atau membaca dokumentasi lengkap yang disediakan oleh Blogger.com. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan sukses dalam mengarahkan domain ke Blogspot!

Kata Penutup

Semua informasi yang terdapat dalam artikel ini disajikan dengan itikad baik dan semaksimal mungkin untuk memberikan panduan yang akurat dan berguna. Namun, kami tidak dapat menjamin keakuratan dan keberkesanan informasi yang disampaikan. Setiap keputusan yang Anda ambil berdasarkan informasi dari artikel ini adalah sepenuhnya tanggung jawab Anda. Harap diingat bahwa teknologi dan layanan yang digunakan dalam artikel dapat mengalami perubahan seiring waktu. Sebelum mengimplementasikan langkah-langkah yang diberikan, pastikan untuk mengkonsultasikan dengan penyedia layanan atau melakukan penelitian yang mendalam tentang topik yang dibahas.

Saran Video Seputar : Cara Mengarahkan Domain ke Blogspot

Ahmad Tri S

Ahmad Tri S

"Penulis blog ini merupakan seorang blogger dengan latar belakang blogger, jurnalis dan tech savy, penulis ini secara konsisten memberikan kontribusi berupa kisah-kisah mendalam dan pandangan yang tajam. Karyanya mencerminkan dedikasinya terhadap keahlian blogging yang memukau, membawa pembaca dalam perjalanan pengalaman dan inspirasi."View Author posts

Share this post on social