Skip to content
  • General

Cara Membuat Subdomain Blogspot

Halo Sobat Blogging! Apakah kamu ingin memiliki blog dengan tampilan yang lebih profesional dan unik? Membuat subdomain di Blogspot bisa menjadi solusi yang tepat untukmu. Dengan memiliki subdomain, kamu dapat membuat alamat blog yang lebih pendek dan mudah diingat oleh pembaca. Selain itu, subdomain juga dapat membantu meningkatkan SEO dan peringkat blog di mesin pencari, seperti Google. Mau tahu cara membuat subdomain di Blogspot? Simak penjelasan di bawah ini!

1. Pengantar: Apa itu Subdomain Blogspot dan Kenapa Ingin Membuatnya

Sebelum kita masuk ke langkah-langkah pembuatan subdomain di Blogspot, alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu konsep subdomain itu sendiri. Subdomain merupakan bagian dari sebuah domain utama yang digunakan untuk membagi-bagi alamat situs lebih spesifik atau membedakan jenis kontennya. Dalam konteks Blogspot, subdomain akan membantu membedakan satu blog dengan blog lainnya yang menggunakan domain yang sama.

Kenapa kita ingin membuat subdomain di Blogspot? Ada beberapa alasan untuk itu. Pertama, subdomain membuat alamat blog kita lebih pendek dan mudah diingat, terutama jika domain utama kita memiliki nama yang panjang. Kedua, subdomain dapat membantu mempermudah pengelolaan blog, terutama jika kita memiliki beberapa blog dengan topik atau niche yang berbeda. Ketiga, subdomain dapat meningkatkan SEO dan peringkat blog di mesin pencari, karena mesin pencari akan memandang setiap subdomain sebagai entitas terpisah.

Setelah memahami apa itu subdomain Blogspot dan alasannya ingin membuat subdomain, mari kita lanjut ke langkah-langkah pembuatannya.

2. Langkah-langkah Membuat Subdomain di Blogspot

Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu ikuti untuk membuat subdomain di Blogspot:

  1. Buka platform Blogspot dan masuk ke akun Google kamu.
  2. Pilih blog yang ingin kamu tambahkan subdomainnya.
  3. Pilih menu “Setelan” pada dashboard Blogspot.
  4. Pilih bagian “Dasar” di menu setelan.
  5. Scroll ke bawah dan cari bagian “Publikasi HTTPS”.
  6. Pilih opsi “YA” pada pilihan “Aliaskan blog Anda dengan alamat situs web kustom”.
  7. Masukkan subdomain yang ingin kamu buat pada kolom “Subdomain” (misalnya, “blog”).
  8. Klik tombol “Simp****an” untuk menyimpan perubahan.

Sungguh mudah, bukan? Setelah menyimpan perubahan, subdomain kamu akan aktif dan dapat digunakan. Pastikan untuk melalui proses konfigurasi yang disarankan oleh Blogspot untuk menghubungkan subdomain tersebut dengan blogmu.

3. Kelebihan dan Kekurangan Membuat Subdomain di Blogspot

Seperti halnya segala sesuatu di dunia ini, pembuatan subdomain di Blogspot juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Mari kita bahas dengan lebih detail di bawah ini:

A. Kelebihan Membuat Subdomain

1. Pengelolaan yang lebih mudah: Dengan menggunakan subdomain, kamu dapat lebih mudah mengelola beberapa blog dengan topik atau niche yang berbeda dalam satu akun Blogspot.

2. Lebih kredibel: Subdomain akan memberikan kesan bahwa blogmu lebih profesional dan kredibel.

3. Memperbaiki peringkat SEO: Mesin pencari seperti Google akan memandang setiap subdomain sebagai entitas terpisah, sehingga dapat membantu memperbaiki peringkat SEO blogmu.

B. Kekurangan Membuat Subdomain

1. Pengeluaran tambahan: Pembuatan subdomain di Blogspot biasanya membutuhkan biaya tambahan.

2. Kesulitan dalam migrasi: Jika suatu saat kamu ingin pindah ke platform blogging lain, proses migrasi subdomain dapat menjadi rumit.

3. Pembagian traffic: Terkadang, subdomain dapat membagi traffic dan mengurangi jumlah pembaca yang memasuki blog utama.

Dalam memutuskan apakah ingin membuat subdomain di Blogspot atau tidak, kamu perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan tersebut. Setiap keputusan memiliki konsekuensi yang perlu kamu pikirkan dengan matang.

4. Tabel: Langkah-langkah Membuat Subdomain di Blogspot

No
Langkah-langkah
1
Buka platform Blogspot dan masuk ke akun Google kamu.
2
Pilih blog yang ingin kamu tambahkan subdomainnya.
3
Pilih menu “Setelan” pada dashboard Blogspot.
4
Pilih bagian “Dasar” di menu setelan.
5
Scroll ke bawah dan cari bagian “Publikasi HTTPS”.
6
Pilih opsi “YA” pada pilihan “Aliaskan blog Anda dengan alamat situs web kustom”.
7
Masukkan subdomain yang ingin kamu buat pada kolom “Subdomain” (misalnya, “blog”).
8
Klik tombol “Simp****an” untuk menyimpan perubahan.

5. FAQ Tentang Membuat Subdomain di Blogspot

Q: Apakah saya bisa membuat beberapa subdomain di Blogspot?

A: Tentu! Kamu dapat membuat beberapa subdomain di Blogspot untuk tiap blog yang kamu kelola.

Q: Apakah saya harus membayar untuk membuat subdomain di Blogspot?

A: Ya, pembuatan subdomain di Blogspot biasanya membutuhkan biaya tambahan. Pastikan untuk memeriksa kebijakan harga yang ditawarkan oleh Blogspot.

Q: Apakah subdomain di Blogspot dapat meningkatkan SEO blog saya?

A: Ya, subdomain di Blogspot dapat membantu meningkatkan SEO dan peringkat blog di mesin pencari, karena mesin pencari akan memandang setiap subdomain sebagai entitas terpisah.

Q: Apakah saya bisa mengubah subdomain yang sudah dibuat di Blogspot?

A: Ya, kamu dapat mengubah subdomain yang sudah dibuat di Blogspot melalui menu setelan.

Q: Apakah subdomain dapat memengaruhi jumlah pembaca blog saya?

A: Terkadang, subdomain dapat membagi traffic dan mengurangi jumlah pembaca yang memasuki blog utama. Namun, hal ini tergantung pada konten dan strategi yang kamu terapkan di blogmu.

6. Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, kamu sekarang sudah memiliki pengetahuan lengkap tentang cara membuat subdomain di Blogspot. Subdomain dapat membantu membuat alamat blogmu lebih pendek, meningkatkan pengelolaan blog, dan memperbaiki peringkat SEO. Namun, kamu juga perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari pembuatan subdomain ini sebelum membuat keputusan yang tepat bagi blogmu.

Sobat Blogging, sudah waktunya untuk mengambil tindakan! Jika kamu ingin meningkatkan tampilan dan fungsi blogmu, cobalah untuk membuat subdomain di Blogspot. Ikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di artikel ini dan mulai mengelola blogmu dengan lebih baik. Selamat mencoba!

Disclaimer: Artikel ini hanya bertujuan sebagai panduan dan saran. Semua keputusan yang diambil merupakan tanggung jawab pembaca.

Saran Video Seputar : Cara Membuat Subdomain Blogspot

Ahmad Tri S

Ahmad Tri S

"Penulis blog ini merupakan seorang blogger dengan latar belakang blogger, jurnalis dan tech savy, penulis ini secara konsisten memberikan kontribusi berupa kisah-kisah mendalam dan pandangan yang tajam. Karyanya mencerminkan dedikasinya terhadap keahlian blogging yang memukau, membawa pembaca dalam perjalanan pengalaman dan inspirasi."View Author posts

Share this post on social