Skip to content
  • General

Cara Membuat Slider di WordPress Tanpa Plugin

Salam, Rekan Blogger!

Apakah Anda ingin meningkatkan tampilan situs web WordPress Anda dengan menambahkan slider yang menarik? Jika ya, Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat slider di WordPress tanpa menggunakan plugin. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, Anda dapat memperindah tampilan situs web Anda dengan profesional tanpa perlu menginstal plugin tambahan. Mari kita mulai!

Cara Membuat Slider di WordPress Tanpa Plugin
Source www.hostinger.co.id

1. Persiapan Awal

Sebelum kita masuk ke tutorial cara membuat slider di WordPress, pastikan Anda telah memenuhi persyaratan berikut:

  1. Anda perlu memiliki akses ke panel administrasi WordPress Anda.
  2. Anda harus memiliki tema WordPress yang mendukung fungsi slider. Jika tidak, Anda dapat mencari tema yang kompatibel atau memodifikasi tema Anda saat ini.
  3. Anda harus memiliki gambar atau foto yang akan Anda gunakan dalam slider Anda. Pastikan foto-foto ini sudah diubah ukurannya agar sesuai dengan ukuran slider yang Anda ingin buat.

2. Membuat Slider

Langkah-langkah berikut akan mengajarkan Anda cara membuat slider di WordPress tanpa menggunakan plugin:

2.1 Buka Halaman atau Pos yang Tepat

Pertama, pastikan Anda membuka halaman atau pos yang ingin Anda tambahkan slider-nya. Jika Anda ingin menambahkannya ke halaman beranda, buka halaman beranda di editor WordPress.

2.2 Buat Blok Gambar

Langkah selanjutnya adalah membuat blok gambar pada editor WordPress. Dalam blok gambar ini, Anda akan menambahkan semua gambar yang akan menjadi slide dalam slider Anda.

2.3 Tambahkan Gambar ke Blok

Klik tombol “Tambahkan Gambar” di blok gambar dan pilih gambar yang ingin Anda tambahkan. Anda dapat memilih beberapa gambar sekaligus dengan menekan tombol Shift ketika memilih gambar.

2.4 Pengaturan Slider

Setelah Anda menambahkan gambar, klik pada setiap gambar dan pilih opsi “Link ke Media File” untuk mengaktifkan tautan pada setiap slide. Anda juga dapat mengatur ukuran gambar dan menambahkan deskripsi pada setiap slide jika Anda mau.

2.5 Tampilan Slider

Setelah Anda selesai mengatur semua gambar dalam blok gambar, Anda dapat melihat tampilan slider secara langsung di editor WordPress. Anda tidak perlu menyimpan atau memperbarui halaman saat ini.

3. Kelebihan dan Kekurangan Membuat Slider di WordPress Tanpa Plugin

Pada bagian ini, kita akan membahas kelebihan dan kekurangan cara membuat slider di WordPress tanpa menggunakan plugin.

3.1 Kelebihan

👍 Tidak Memerlukan Plugin Tambahan: Salah satu kelebihan utama membuat slider di WordPress tanpa menggunakan plugin adalah Anda tidak perlu menginstal plugin tambahan. Hal ini dapat mengurangi beban situs web Anda dan menghindari konflik dengan plugin yang telah Anda instal sebelumnya.
👍 Kontrol Penuh: Dengan membuat slider tanpa plugin, Anda memiliki kontrol penuh atas tampilan dan fungsionalitas slider Anda. Anda dapat dengan bebas menyesuaikannya dengan tema WordPress Anda dan menambahkan efek atau tautan yang Anda inginkan.
👍 Menghemat Waktu dan Usaha: Dalam beberapa kasus, menggunakan plugin slider mungkin memerlukan pengaturan yang rumit atau kompleks. Dengan membuat slider tanpa plugin, Anda dapat menghemat waktu dan usaha karena langkah-langkahnya lebih sederhana dan langsung.

3.2 Kekurangan

👎 Keterbatasan Fungsionalitas: Karena Anda tidak menggunakan plugin slider, Anda mungkin mengalami keterbatasan dalam hal fungsionalitas. Beberapa efek atau fitur mungkin tidak tersedia atau sulit dicapai tanpa menggunakan plugin.
👎 Pengetahuan Teknis yang Diperlukan: Untuk membuat slider tanpa plugin, Anda perlu memiliki pengetahuan dasar tentang HTML, CSS, dan WordPress. Jika Anda tidak yakin dengan kode atau pengaturan teknis, Anda mungkin merasa kesulitan dalam membuat slider ini.
👎 Batasan Pada Tema WordPress: Tidak semua tema WordPress mendukung pembuatan slider tanpa plugin. Jika tema Anda tidak kompatibel, Anda mungkin perlu mencari tema lain atau memodifikasi tema Anda saat ini.

4. Tabel: Cara Membuat Slider di WordPress Tanpa Plugin

Tahap
Deskripsi
1
Persiapan Awal
2
Membuka Halaman atau Pos yang Tepat
3
Membuat Blok Gambar
4
Tambahkan Gambar ke Blok
5
Pengaturan Slider
6
Tampilan Slider

5. FAQ (Pertanyaan Umum)

  1. 💬 Apakah saya harus memiliki pengetahuan coding untuk membuat slider tanpa plugin di WordPress?
    Meski tidak wajib, memiliki pengetahuan dasar tentang HTML, CSS, dan WordPress akan sangat membantu dalam membuat slider tanpa plugin di WordPress.
  2. 💬 Apakah saya bisa menggunakan gambar yang telah ada di situs web saya dalam slider?
    Tentu saja! Anda dapat menggunakan gambar yang telah Anda unggah sebelumnya di situs web Anda. Pastikan ukuran gambar sesuai dengan ukuran slider yang Anda inginkan.
  3. 💬 Bisakah saya menambahkan efek transisi pada slider?
    Ya, Anda dapat menambahkan efek transisi pada slider dengan menggunakan CSS. Pastikan Anda memiliki pengetahuan yang cukup tentang CSS untuk melakukannya.
  4. 💬 Bagaimana saya bisa mengubah kecepatan tampilan slider?
    Untuk mengubah kecepatan tampilan slider, Anda perlu menambahkan kode CSS khusus atau mengintegrasikan dengan JavaScript. Pastikan Anda memahami kode dan tahu cara mengimplementasikannya dengan benar.
  5. 💬 Apakah slider tanpa plugin lebih cepat dalam memuat halaman?
    Ya, pada umumnya, slider tanpa plugin memiliki waktu muat yang lebih cepat karena tidak ada plugin tambahan yang harus diproses oleh WordPress.

6. Kesimpulan

Demikianlah tutorial tentang cara membuat slider di WordPress tanpa menggunakan plugin. Dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas, Anda dapat dengan mudah menambahkan slider yang menarik dan mempercantik tampilan situs web Anda. Ingatlah untuk melakukan persiapan awal, mengatur gambar dengan tepat, dan menyesuaikan pengaturan sesuai dengan keinginan Anda. Jangan ragu untuk bereksperimen dan menciptakan pengalaman visual yang menarik bagi pengunjung situs Anda!

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masukan, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca, Rekan Blogger!

7. Disclaimer

Artikel ini disusun berdasarkan pengalaman pribadi penulis dan beberapa sumber terpercaya. Hasil yang Anda peroleh mungkin akan berbeda-beda tergantung pada tema WordPress dan pengetahuan teknis yang Anda miliki. Sebaiknya selalu lakukan backup dan tinjau hasilnya sebelum mengimplementasikan slider tanpa plugin ini ke situs web Anda.

Saran Video Seputar : Cara Membuat Slider di WordPress Tanpa Plugin

Ahmad Tri S

Ahmad Tri S

"Penulis blog ini merupakan seorang blogger dengan latar belakang blogger, jurnalis dan tech savy, penulis ini secara konsisten memberikan kontribusi berupa kisah-kisah mendalam dan pandangan yang tajam. Karyanya mencerminkan dedikasinya terhadap keahlian blogging yang memukau, membawa pembaca dalam perjalanan pengalaman dan inspirasi."View Author posts

Share this post on social