Skip to content
  • General

Cara Membuat Running Text di WordPress

Salam Rekan Blogger! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat running text di WordPress. Running text adalah salah satu elemen yang cukup populer dalam dunia website, terutama dalam hal penyampaian informasi bergulir secara terus-menerus. Dengan menggunakan running text, pengunjung dapat dengan mudah melihat dan mendapatkan informasi yang ingin disampaikan.

Running text pada WordPress dapat diimplementasikan dengan berbagai cara, mulai dari penggunaan plugin hingga kode HTML dan CSS. Pada artikel ini, kita akan membahas cara membuat running text dengan menggunakan kode HTML tanpa perlu menginstal plugin tambahan. Mari kita lanjutkan!

Sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, pastikan Anda sudah memiliki situs WordPress yang aktif dan dapat diakses. Jika belum, Anda dapat membuatnya terlebih dahulu sebelum melanjutkan.

Langkah 1: Membuat File Baru

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat file HTML baru di WordPress. Anda dapat menggunakan editor teks seperti Notepad atau aplikasi sejenisnya untuk membuat file tersebut. Pastikan Anda memberikan nama file yang relevan, misalnya “running-text.html”.

Setelah membuat file baru, salin kode di bawah ini dan tempelkan ke dalam file yang telah Anda buat:

“`

Isi running text Anda disini

“`

Pada kode di atas, Anda dapat melihat perintah untuk membuat running text menggunakan tag “. Isi running text dapat Anda ubah dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Langkah 2: Menyimpan File

Setelah Anda selesai mengedit file HTML dengan kode running text, selanjutnya adalah menyimpan file tersebut. Pastikan Anda menyimpannya dengan format .html dan letakkan di folder yang sesuai, misalnya direktori utama situs WordPress Anda.

Langkah 3: Menampilkan Running Text di WordPress

Langkah terakhir adalah menampilkan running text di WordPress. Caranya cukup mudah, ikuti langkah-langkah berikut:

    1. Login ke dashboard WordPress Anda.
    2. Buka halaman atau postingan yang ingin Anda tambahkan running text.
    3. Pada editor, pilih mode pengeditan HTML.
    4. Sisipkan kode berikut pada bagian yang diinginkan:
Nama Kolom 1
Nama Kolom 2
Isi Kolom 1
Isi Kolom 2
  1. Simpan perubahan.
  2. Lihat halaman atau postingan Anda untuk melihat running text yang telah ditambahkan.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Membuat Running Text di WordPress

Kelebihan

1. Mudah Dilakukan – Menggunakan kode HTML untuk menampilkan running text di WordPress merupakan cara yang cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk pemula.

2. Kontrol Penuh – Dengan menggunakan kode HTML, Anda memiliki kontrol penuh terhadap tampilan running text, seperti ukuran, warna, dan kecepatan bergeraknya.

3. Tidak Bergantung pada Plugin – Dengan menggunakan kode HTML, Anda tidak perlu menginstal plugin tambahan yang mungkin mempengaruhi kecepatan atau keamanan situs Anda.

Kekurangan

1. Keterbatasan Fitur – Meskipun kode HTML dapat memberikan kontrol penuh, namun terdapat keterbatasan dalam fitur dan efek yang dapat ditampilkan dalam running text.

2. Kompatibilitas Perangkat – Beberapa perangkat mungkin tidak mendukung atau menampilkan running text secara optimal, terutama pada perangkat mobile.

3. Penyesuaian Kode – Jika Anda ingin melakukan penyesuaian tampilan running text, Anda perlu memiliki pengetahuan dasar tentang HTML dan CSS.

Tabel Cara Membuat Running Text di WordPress

Berikut adalah tabel yang berisi semua informasi lengkap tentang cara membuat running text di WordPress menggunakan kode HTML:

Langkah
Deskripsi
Langkah 1
Membuat file HTML baru dengan tag <marquee> untuk running text.
Langkah 2
Menyimpan file dengan format .html dan letakkan di folder yang sesuai.
Langkah 3
Membuka halaman atau postingan yang ingin ditambahkan running text, lalu menyisipkan kode HTML.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apakah running text dapat ditambahkan pada semua halaman atau postingan di WordPress?

Ya, running text dapat ditambahkan pada semua halaman atau postingan di WordPress. Anda hanya perlu menyisipkan kode HTML sesuai dengan instruksi yang telah diberikan.

2. Bagaimana cara mengubah tampilan running text?

Anda dapat mengubah tampilan running text dengan mengedit kode CSS yang terdapat dalam file HTML. Misalnya, Anda dapat mengubah ukuran, warna, dan kecepatan gerakan running text.

3. Apakah running text dapat ditampilkan dengan responsif?

Running text yang dibuat dengan kode HTML tidak secara otomatis responsif. Namun, Anda dapat menyesuaikan tampilan running text dengan menggunakan media queries dalam kode CSS.

4. Bisakah saya menambahkan tautan pada running text?

Ya, Anda dapat menambahkan tautan pada running text dengan menggunakan tag HTML <a> dan menambahkan atribut href untuk menentukan URL tautan tersebut.

5. Apakah kode running text ini berpengaruh pada kecepatan atau performa situs?

Tidak, kode running text ini tidak berpengaruh pada kecepatan atau performa situs. Kode tersebut hanya digunakan untuk menampilkan efek running text secara visual.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dibahas cara membuat running text di WordPress menggunakan kode HTML tanpa perlu menginstal plugin tambahan. Kelebihan dari cara ini adalah kemudahan dalam implementasinya serta kontrol penuh terhadap tampilan running text. Namun, terdapat juga kekurangan, seperti keterbatasan fitur dan kompatibilitas perangkat. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat melihat tabel yang berisi langkah-langkah lengkap dan menjawab pertanyaan yang sering diajukan.

Sekarang, Anda dapat mencoba sendiri langkah-langkah yang telah dijelaskan untuk membuat running text di situs WordPress Anda. Selamat mencoba!

Kata Penutup

Demikianlah tutorial cara membuat running text di WordPress. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dalam mengoptimalkan situs WordPress Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kommentar, jangan ragu untuk menghubungi kami. Terima kasih telah membaca!

 

Saran Video Seputar : Cara Membuat Running Text di WordPress

Ahmad Tri S

Ahmad Tri S

"Penulis blog ini merupakan seorang blogger dengan latar belakang blogger, jurnalis dan tech savy, penulis ini secara konsisten memberikan kontribusi berupa kisah-kisah mendalam dan pandangan yang tajam. Karyanya mencerminkan dedikasinya terhadap keahlian blogging yang memukau, membawa pembaca dalam perjalanan pengalaman dan inspirasi."View Author posts

Share this post on social