Skip to content
  • General

Cara Membuat Related Post pada Blogspot

Salam Sobat Blogging! Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat related post pada platform Blogspot. Sebagai seorang blogger, tentu kita ingin meningkatkan pengalaman pembaca dan mengoptimalkan tampilan blog kita. Fitur related post dapat membantu pembaca menemukan konten terkait yang mungkin menarik bagi mereka. Pada artikel ini, saya akan menjelaskan langkah-langkah untuk membuat related post pada Blogspot dengan tata bahasa HTML yang valid dan baik. Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Membuat Related Post pada Blogspot

Sebelum kita mulai, ada baiknya kita mengetahui kelebihan dan kekurangan dari fitur related post pada Blogspot. Dengan mengetahui hal ini, kita dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam mengoptimalkan blog kita. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Sobat Blogging ketahui:

Kelebihan:

1. Meningkatkan keterlibatan pembaca: Fitur related post memberikan kesempatan bagi pembaca untuk menjelajahi konten terkait yang mungkin menarik bagi mereka. Hal ini dapat meningkatkan waktu kunjungan dan keterlibatan pembaca.

2. Meningkatkan SEO: Dengan menyediakan link ke konten terkait, kita dapat membantu mesin pencari seperti Google memahami struktur blog kita dan meningkatkan peringkat dalam hasil pencarian.

3. Menampilkan konten yang relevan: Related post membantu kita menampilkan konten terkait yang mungkin menarik bagi pembaca. Hal ini dapat membantu meningkatkan kepuasan pembaca dan mengarahkan mereka ke konten yang lebih dalam.

Kekurangan:

1. Kurangnya kontrol: Secara default, related post pada Blogspot menampilkan hasil yang dipilih oleh mesin pencari. Kita mungkin tidak memiliki kendali penuh atas konten terkait yang ditampilkan.

2. Tidak dapat menyesuaikan tampilan: Fitur related post pada Blogspot memiliki batasan dalam tampilan dan gaya. Kita mungkin tidak dapat sepenuhnya menyesuaikan dengan tampilan blog kita.

3. Terbatasnya pilihan tata letak: Blogspot hanya menyediakan beberapa pilihan tata letak related post. Kita mungkin ingin tampilan yang lebih kustomisasi namun tidak dapat mengubahnya sesuai keinginan.

Cara Membuat Related Post Pada Blogspot

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan, kita dapat melanjutkan untuk membuat related post pada Blogspot. Berikut adalah langkah-langkahnya:

No
Langkah-langkah
1
Masuk ke akun Blogspot dan pilih blog yang ingin kita tambahkan fitur related post.
2
Di dalam Dashboard blog, pilih “Tata Letak” pada menu navigasi.
3
Pilih bagian di tempat kita ingin menampilkan related post. Misalnya, setelah konten atau di sampingnya.
4
Klik “Tambahkan Gadget” pada bagian yang dipilih sebelumnya.
5
Cari gadget “Post Terkait” dan klik “Tambahkan ke Blog” pada gadget tersebut.
6
Konfigurasikan tampilan dan pengaturan pada gadget “Post Terkait” sesuai keinginan kita.
7
Klik “Simpan Tatanan” untuk menyimpan perubahan yang telah kita buat pada tata letak.

FAQ (Pertanyaan Umum)

1. Apakah saya dapat menyesuaikan tampilan related post pada Blogspot?

Sayangnya, related post pada Blogspot memiliki keterbatasan dalam hal tampilan dan gaya. Kita mungkin tidak dapat sepenuhnya menyesuaikannya sesuai keinginan. Namun, kita masih dapat mengatur pengaturan dasar seperti jumlah tautan dan tata letaknya.

2. Bisakah saya menampilkan related post dari blog lain?

Tidak, fitur related post pada Blogspot hanya menampilkan tautan ke konten yang ada pada blog kita sendiri. Tautan ke blog lain tidak dapat ditampilkan.

3. Bagaimana cara mengubah urutan tautan pada related post?

Urutan tautan pada related post ditentukan oleh algoritma mesin pencari. Kita tidak dapat mengubah urutan secara manual. Mesin pencari akan menampilkan tautan terkait yang paling relevan berdasarkan konten kita.

4. Apakah ada batasan jumlah tautan yang dapat ditampilkan pada related post?

Ya, pada Blogspot, kita dapat mengatur jumlah tautan yang ditampilkan pada related post. Namun, terlalu banyak tautan dapat membuat tampilan terlihat berantakan dan mengurangi pengalaman pembaca. Disarankan untuk memilih jumlah yang sesuai dengan desain dan konten blog kita.

5. Apakah related post mempengaruhi kecepatan loading blog?

Secara umum, penggunaan related post tidak signifikan mempengaruhi kecepatan loading blog kita. Namun, jika kita memiliki banyak tautan atau menggunakan plugin tambahan, dapat mempengaruhi waktu loading. Disarankan untuk mengoptimalkan blog kita secara keseluruhan agar tetap cepat dan responsif.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang cara membuat related post pada platform Blogspot. Fitur ini dapat meningkatkan keterlibatan pembaca, meningkatkan SEO, dan menampilkan konten yang relevan. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, kita masih dapat memanfaatkannya dengan baik untuk mengoptimalkan blog kita. Pastikan kita mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan dengan hati-hati untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Selamat mencoba!

Kata Penutup

Demikianlah artikel tentang cara membuat related post pada Blogspot. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu Sobat Blogging dalam mengoptimalkan tampilan dan pengalaman pembaca blog. Pastikan kita mengikuti langkah-langkah dengan benar dan sesuai dengan kebutuhan blog kita. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami. Terima kasih atas kunjungannya dan selamat blogging!

Saran Video Seputar : Cara Membuat Related Post pada Blogspot

Ahmad Tri S

Ahmad Tri S

"Penulis blog ini merupakan seorang blogger dengan latar belakang blogger, jurnalis dan tech savy, penulis ini secara konsisten memberikan kontribusi berupa kisah-kisah mendalam dan pandangan yang tajam. Karyanya mencerminkan dedikasinya terhadap keahlian blogging yang memukau, membawa pembaca dalam perjalanan pengalaman dan inspirasi."View Author posts

Share this post on social