Skip to content
  • General

Cara Membuat Read More di WordPress: Tutorial Lengkap

Selamat datang kembali, rekan blogger! Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat read more di WordPress. Jika kamu sering menulis artikel panjang, read more adalah fitur yang sangat berguna untuk membuat tampilan blogmu lebih rapi dan membantu pembaca untuk menavigasi kontenmu dengan lebih mudah. Tak perlu khawatir, karena dalam tutorial ini, kita akan membahas langkah-langkahnya secara detail. Jadi, mari kita mulai!

Apa itu Read More?

Sebelum kita memulai, ada baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu apa itu read more. Read more atau lebih dikenal sebagai “baca selengkapnya” adalah suatu fitur yang memungkinkan kamu untuk membatasi tampilan artikelmu di halaman utama blog, sehingga para pembaca harus mengklik tombol “baca selengkapnya” untuk melihat keseluruhan artikel. Fitur ini sangat berguna ketika kamu memiliki konten yang cukup panjang dan ingin memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pembaca.

Kelebihan Cara Membuat Read More di WordPress

Membuat read more di WordPress memiliki beberapa kelebihan yang dapat membuat kontenmu lebih menarik dan profesional. Berikut adalah beberapa kelebihannya:

1. Meningkatkan User Experience

Dengan menggunakan read more, pembaca dapat dengan mudah menavigasi kontenmu, karena mereka hanya perlu mengklik tombol “baca selengkapnya” jika mereka tertarik dengan artikelmu. Hal ini membuat pengalaman pembaca lebih baik dan dapat meningkatkan tingkat interaksi pada blogmu.

2. Meningkatkan Kecepatan Loading Halaman

Dengan menggunakan read more, kamu dapat membatasi tampilan artikelmu di halaman utama blog. Hal ini secara otomatis akan mengurangi jumlah konten yang harus dimuat saat halaman utama blog dibuka, sehingga mempercepat waktu loading halaman.

3. Membuat Tampilan Blogmu Lebih Rapi

Jika kamu sering menulis artikel panjang, menggunakan read more dapat membantu membuat tampilan blogmu lebih rapi. Konten yang panjang tidak lagi memenuhi halaman utama, sehingga blogmu terlihat lebih terstruktur dan menarik.

Kekurangan Cara Membuat Read More di WordPress
Source www.gurudzgn.com

Kekurangan Cara Membuat Read More di WordPress

Walaupun memiliki banyak kelebihan, cara membuat read more di WordPress juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu kamu pertimbangkan sebelum mengimplementasikannya. Berikut adalah kekurangannya:

1. Kontenut Yang Tidak Terlihat Secara Keseluruhan

Dengan menggunakan read more, sebagian kontenmu tidak akan terlihat secara keseluruhan di halaman utama blog. Hal ini dapat menyebabkan beberapa pembaca merasa kurang puas karena harus mengklik tombol “baca selengkapnya” untuk melihat keseluruhan artikel.

2. Membatasi Deskripsi Konten pada Halaman Pencarian

Jika kamu menggunakan fitur read more pada artikelmu, deskripsi konten yang muncul di halaman pencarian juga akan terpotong dan hanya menampilkan sedikit informasi. Ini dapat mempengaruhi pengunjung yang mendasarkan keputusannya untuk mengunjungi blogmu berdasarkan deskripsi tersebut.

3. Kecepatan Pengambilan Keputusan Pembaca Turun

Dengan menggunakan read more, sebagian pembaca mungkin akan kesulitan mengambil keputusan untuk membaca artikelmu sepenuhnya atau tidak. Mereka harus mengklik tombol “baca selengkapnya” terlebih dahulu untuk melihat isi artikel, yang dapat mempengaruhi tingkat interaksi atau pembacaan artikel.

Tutorial Cara Membuat Read More di WordPress
Source www.niagahoster.co.id

Tutorial Cara Membuat Read More di WordPress: Langkah-Langkah Praktis

Sekarang, mari kita masuk ke inti pembahasan kita, yaitu langkah-langkah praktis dalam membuat read more di WordPress. Berikut adalah tutorial lengkapnya:

Langkah
Keterangan
1.
Masuk ke halaman editor WordPress dan arahkan kursor ke tempat mu ingin memasukkan read more.
2.
Klik ikon “Add Block” dan pilih blok “More”.
3.
Read more akan muncul sebagai garis pembatas di halaman editor. Kamu dapat mengganti teks “Read more” sesuai dengan preferensimu.
4.
Simpan perubahanmu dan lihat hasilnya di halaman blogmu.
5.
Jika ingin mengubah posisi read more, kamu dapat melakukan drag and drop di halaman editor.
6.
Selesai! Sekarang, kontenmu akan terpotong dan ditampilkan dengan tombol “baca selengkapnya” di halaman utama blogmu.

FAQ (Pertanyaan Umum)

FAQ Cara Membuat Read More di WordPress
Source radenbro.com

1. Apakah fitur read more hanya tersedia di tema WordPress tertentu?

Tidak, fitur read more adalah fitur bawaan di WordPress dan terintegrasi dengan semua tema. Kamu dapat menggunakannya tanpa harus mengubah tema blogmu.

FAQ Cara Membuat Read More di WordPress
Source radenbro.com

2. Apakah saya bisa mengubah teks “Read more” menjadi kata lain?

Tentu! Ketika kamu memasukkan blok “More” di halaman editor, kamu dapat langsung mengganti teks “Read more” sesuai dengan yang kamu inginkan.

FAQ Cara Membuat Read More di WordPress
Source radenbro.com

3. Apakah saya bisa menampilkan read more hanya di halaman utama blog dan tidak di halaman artikel?

Tentu saja! Dalam fitur “More” di halaman editor, terdapat opsi untuk memilih di mana kamu ingin menampilkan read more. Kamu dapat memilih hanya di halaman utama, hanya di halaman artikel, atau di kedua halaman tersebut.

FAQ Cara Membuat Read More di WordPress
Source radenbro.com

4. Bagaimana jika saya ingin menghapus read more dari artikel yang sudah saya buat sebelumnya?

Sangat mudah! Kamu hanya perlu kembali ke halaman editor artikel, kemudian hapus blok “More” yang telah kamu tambahkan sebelumnya.

FAQ Cara Membuat Read More di WordPress
Source radenbro.com

5. Jika saya menggunakan tema yang sudah memiliki tombol “baca selengkapnya” sendiri, apakah saya tetap perlu menggunakan fitur read more di WordPress?

Tidak perlu. Jika tema yang kamu gunakan sudah menyediakan tombol “baca selengkapnya” sendiri, maka kamu dapat menggunakan fitur itu. Fitur read more di WordPress bukanlah keharusan, melainkan pilihan tambahan jika tema kamu tidak memiliki fitur serupa.

Kesimpulan

Dalam tutorial ini, kita telah membahas secara lengkap tentang cara membuat read more di WordPress. Fitur ini sangat bermanfaat untuk membuat tampilan blogmu lebih rapi, meningkatkan kecepatan loading halaman, dan memberikan pengalaman pembaca yang lebih baik. Meskipun memiliki kekurangan, namun dengan mempertimbangkan kelebihannya, penggunaan read more di WordPress merupakan pilihan yang sangat menguntungkan untuk mengatur kontenmu.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, mulai implementasikan langkah-langkah dari tutorial ini dan perbaiki tampilan blogmu sekarang juga!

Disclaimer: Artikel ini hanya bertujuan sebagai panduan tutorial. Sebelum memasang read more di WordPress, penting untuk mempertimbangkan tema dan kontenmu sendiri. Pastikan untuk selalu mencadangkan situs WordPressmu sebelum melakukan perubahan apa pun.

Saran Video Seputar : Cara Membuat Read More di WordPress: Tutorial Lengkap

Ahmad Tri S

Ahmad Tri S

"Penulis blog ini merupakan seorang blogger dengan latar belakang blogger, jurnalis dan tech savy, penulis ini secara konsisten memberikan kontribusi berupa kisah-kisah mendalam dan pandangan yang tajam. Karyanya mencerminkan dedikasinya terhadap keahlian blogging yang memukau, membawa pembaca dalam perjalanan pengalaman dan inspirasi."View Author posts

Share this post on social