Skip to content
  • General

Cara Membuat Next Page di WordPress: Panduan Lengkap

Halo, rekan blogger! Apakah Anda pernah merasa kesulitan menampilkan konten panjang di website WordPress Anda? Jangan khawatir, karena di artikel ini, kami akan membahas cara membuat next page di WordPress. Dengan mengatur konten Anda menjadi beberapa halaman berbeda, Anda dapat meningkatkan pengalaman pembaca dan juga membantu meningkatkan SEO dan peringkat di mesin pencari seperti Google.

Kelebihan Membuat Next Page di WordPress

Ada beberapa kelebihan dalam membuat next page di WordPress yang perlu Anda ketahui. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan:

1. Memudahkan Pembaca

Dengan membagi konten menjadi beberapa halaman, pembaca akan lebih mudah membaca dan menavigasi isi website Anda. Mereka dapat dengan cepat melihat dan memilih bagian yang ingin mereka baca tanpa harus scroll terlalu lama. Ini akan meningkatkan pengalaman pengguna dan membuat mereka lebih nyaman menjelajahi website Anda.

2. Meningkatkan Kecepatan Memuat Halaman

Konten panjang dapat mempengaruhi kecepatan memuat halaman website Anda. Dengan menggunakan fitur next page, Anda dapat mempercepat waktu muat dan menjaga kecepatan website tetap optimal. Pembaca tidak perlu menunggu terlalu lama untuk melihat halaman berikutnya, sehingga mereka akan tetap betah dan tidak meninggalkan website karena loading yang lama.

3. Meningkatkan SEO dan Ranking di Mesin Pencari

Membuat next page juga bisa membantu meningkatkan SEO dan peringkat website Anda di mesin pencari. Dengan membagi konten menjadi beberapa halaman, Anda memberikan sinyal kepada mesin pencari bahwa konten Anda memiliki kedalaman dan relevansi yang tinggi. Hal ini bisa membantu meningkatkan peringkat halaman Anda dalam hasil pencarian, sehingga website Anda lebih mudah ditemukan oleh pengguna potensial.

Kekurangan Membuat Next Page di WordPress

Walaupun ada banyak keuntungan dalam membuat next page di WordPress, ada beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan:

1. Mengganggu Pengalaman Pembaca

Jika konten Anda terlalu sering dibagi-bagi menjadi beberapa halaman, ini dapat mengganggu pengalaman pembaca. Pembaca mungkin kehilangan alur cerita atau keseluruhan konten jika mereka harus menjelajahi banyak halaman. Oleh karena itu, perlu pengaturan yang tepat agar membagi konten tidak membuat kebingungan dan tetap memberikan pengalaman membaca yang baik.

2. Pengaturan yang Rumit

Memisahkan konten menjadi beberapa halaman menggunakan fitur WordPress memang memberikan kemudahan bagi pembaca, tetapi bagi Anda sebagai admin website, pengaturan ini dapat terasa rumit. Anda perlu mengatur bagian mana yang muncul di setiap halaman, menambahkan navigasi antar halaman, dan memastikan keseluruhan konten tetap terhubung dengan baik. Sehingga diperlukan pemahaman akan fitur-fitur WordPress secara mendalam.

3. Bisa Mempengaruhi Tingkat Konversi

Jika Anda menggunakan next page untuk konten yang memiliki tujuan konversi seperti penjualan produk atau formulir pendaftaran, membagi konten menjadi beberapa halaman dapat mempengaruhi tingkat konversi. Pembaca mungkin kehilangan minat mereka di tengah jalan atau tidak mau meluangkan waktu untuk melihat halaman berikutnya. Oleh karena itu, perlu hati-hati dalam memilih konten mana yang lebih baik ditampilkan dalam satu halaman penuh atau dibagi menjadi beberapa halaman.

Langkah-langkah Membuat Next Page di WordPress

Langkah
Keterangan
1
Login ke dashboard WordPress Anda.
2
Pilih atau buat postingan yang ingin Anda bagi menjadi beberapa halaman.
3
Pada editor blok Gutenberg, cari blok yang disebut “Next Page” atau “Page Break”.
4
Pilih tempat di mana Anda ingin membagi konten dan sisipkan blok “Next Page”.
5
Ulangi langkah 3 dan 4 jika Anda ingin membagi konten menjadi beberapa halaman.
6
Simpan dan terbitkan postingan Anda seperti biasa.

Pertanyaan Umum tentang Membuat Next Page di WordPress

1. Apa bedanya menggunakan fitur Next Page dengan manual memotong konten dalam beberapa halaman?

Memotong konten secara manual dalam beberapa halaman dapat menyebabkan kesalahan tata letak dan pengaturan yang tidak konsisten. Dengan menggunakan fitur Next Page di WordPress, Anda dapat membagi konten dengan mudah dan pastikan setiap halaman tetap terhubung dan teratur.

2. Apakah fitur Next Page mempengaruhi SEO pada konten saya?

Fitur Next Page di WordPress tidak akan merugikan SEO konten Anda. Bahkan, dengan membagi konten menjadi beberapa halaman yang terkait, Anda memberikan kesempatan lebih untuk menargetkan kata kunci tertentu dalam setiap halaman, yang dapat membantu meningkatkan peringkat konten di mesin pencari.

3. Apakah saya bisa menggunakan fitur Next Page untuk halaman “Tentang Kami” atau “Kontak”?

Sayangnya, fitur Next Page di WordPress hanya berlaku untuk postingan atau halaman dengan konten teks yang lebih panjang. Jadi, tidak bisa digunakan untuk halaman-halaman umum seperti “Tentang Kami” atau “Kontak”.

4. Apakah next page mempengaruhi waktu muat halaman website saya?

Next page dapat membantu meningkatkan kecepatan muat halaman website Anda. Dengan memungkinkan pengguna memilih halaman mana yang ingin mereka baca, konten pada halaman utama dapat dimuat lebih cepat dan tidak ada konten yang “terselip” di bawah halaman awal yang memperlambat muatan.

5. Apakah ada plugin yang dapat membantu membagi konten menjadi beberapa halaman?

Tentu! Ada banyak plugin WordPress yang dapat membantu Anda membagi konten menjadi beberapa halaman dengan lebih mudah dan cepat. Beberapa plugin populer seperti “WP-PageNavi” dan “Page Break” dapat diinstal dan diaktifkan untuk memperluas kemampuan next page di WordPress Anda.

Kesimpulan

Setelah mengikuti panduan ini, Anda sekarang tahu cara membuat next page di WordPress dengan mudah dan efektif. Memisahkan konten menjadi beberapa halaman dapat meningkatkan pengalaman pembaca, membantu website Anda memuat dengan lebih cepat, dan meningkatkan SEO serta peringkat di mesin pencari. Ingatlah untuk selalu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan fitur next page, serta mengatur konten dengan baik agar tetap menarik bagi pembaca.

Jangan ragu untuk mencoba dan eksperimen dengan fitur ini pada postingan-postingan Anda berikutnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan membantu menyempurnakan website WordPress Anda. Selamat mencoba!

Disclaimer

Informasi yang disediakan dalam artikel ini hanya bertujuan sebagai panduan. Setiap langkah atau tindakan yang Anda lakukan terhadap website atau konten Anda sepenuhnya merupakan tanggung jawab Anda sendiri. Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau kerugian yang mungkin terjadi akibat penggunaan informasi ini. Harap lakukan backup dan periksa terlebih dahulu kecocokan dengan tema dan plugin Anda sebelum mengimplementasikan cara membuat next page di WordPress yang telah dijelaskan.

Saran Video Seputar : Cara Membuat Next Page di WordPress: Panduan Lengkap

Ahmad Tri S

Ahmad Tri S

"Penulis blog ini merupakan seorang blogger dengan latar belakang blogger, jurnalis dan tech savy, penulis ini secara konsisten memberikan kontribusi berupa kisah-kisah mendalam dan pandangan yang tajam. Karyanya mencerminkan dedikasinya terhadap keahlian blogging yang memukau, membawa pembaca dalam perjalanan pengalaman dan inspirasi."View Author posts

Share this post on social