Skip to content
  • General

Cara Membuat Multisite WordPress – Tingkatkan Kinerja Website Anda dengan Mudah

Halo rekan blogger! Jika Anda ingin meningkatkan kinerja website Anda dengan mudah, sudah saatnya Anda mencoba menggunakan Multisite WordPress. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat dan mengelola multisite WordPress dengan langkah-langkah yang mudah diikuti. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat mengelola beberapa situs web dengan satu instalasi WordPress saja. Mari kita lihat bagaimana langkah-langkahnya!

Kenapa Harus Menggunakan Multisite WordPress?

Sebelum masuk ke tutorial cara membuat multisite WordPress, mari kita lihat beberapa kelebihan dan kekurangan fitur ini.

Kelebihan Multisite WordPress:

  1. Skalabilitas: Dengan multisite WordPress, Anda dapat menjalankan beberapa situs web dengan satu instalasi saja. Hal ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengelola dan mengupdate semua situs web Anda secara bersamaan.
  2. Hemat Waktu: Tanpa multisite WordPress, Anda harus menginstal dan mengelola setiap situs web secara terpisah. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat menghemat banyak waktu dan tenaga, terutama jika Anda memiliki banyak situs web.
  3. Pemeliharaan yang Mudah: Dengan memperbarui satu instalasi WordPress saja, Anda dapat memperbarui semua situs web yang terhubung ke multisite Anda. Ini memudahkan Anda untuk menjaga semua situs web Anda tetap aman dan diperbarui.

Kekurangan Multisite WordPress:

  1. Kompleksitas Pengaturan Awal: Mengatur multisite WordPress membutuhkan beberapa langkah tambahan daripada hanya menginstal WordPress secara biasa.
  2. Keterbatasan Tema dan Plugin: Beberapa tema dan plugin mungkin tidak kompatibel dengan multisite WordPress. Anda perlu memastikan bahwa tema dan plugin yang Anda gunakan kompatibel dengan multisite sebelum menginstalnya.
  3. Kesulitan dalam Manajemen: Jika Anda memiliki banyak situs web dalam satu instalasi, bisa sulit untuk mengatur dan mengelola semuanya. Anda perlu memiliki pengetahuan yang baik tentang cara mengelola multisite WordPress untuk menjaga semuanya berjalan dengan lancar.

Cara Membuat Multisite WordPress dalam Beberapa Langkah Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk membuat multisite WordPress yang mudah:

Langkah 1: Backup Website Anda

Sebelum Anda memulai langkah-langkah untuk membuat multisite WordPress, sangat penting untuk melakukan backup terlebih dahulu. Ini untuk mencegah kehilangan data jika terjadi kesalahan selama proses instalasi. Anda dapat menggunakan plugin backup seperti UpdraftPlus atau melakukan backup manual melalui cPanel hosting Anda.

Langkah 2: Edit File wp-config.php

Buka file wp-config.php di root folder instalasi WordPress Anda. Tambahkan kode berikut tepat di bawah tag <?php:

/* Enable Multisite */
define('WP_ALLOW_MULTISITE', true);

Simpan perubahan dan unggah kembali file wp-config.php ke server.

Langkah 3: Mengaktifkan Multisite di WordPress

  1. Buka WordPress Admin Dashboard, pergi ke menu “Tools”, dan pilih “Network Setup”.
  2. Pilih apakah Anda ingin menggunakan subdomain atau subfolder untuk multisite Anda.
  3. Isi semua detail yang diperlukan, seperti judul situs dan alamat email.
  4. Klik “Install” dan Anda akan diberikan instruksi mengenai perubahan yang perlu Anda lakukan pada file .htaccess dan wp-config.php Anda. Ikuti instruksi ini dengan hati-hati.
  5. Setelah selesai, Anda akan diminta untuk login kembali ke Admin Dashboard WordPress.

Langkah 4: Menambahkan Situs Baru

  1. Setelah mengaktifkan multisite, Anda dapat menambahkan situs baru dengan masuk ke menu “My Sites” dan memilih “Network Admin” dan “Sites”.
  2. Klik “Add New” untuk membuat situs baru. Isi detail yang diperlukan, seperti alamat situs, judul situs, dan alamat email admin.
  3. Klik “Add Site” untuk menambahkan situs baru.

Langkah 5: Mengelola Situs Multisite Anda

Anda sekarang dapat mengelola situs-situs baru Anda melalui menu “My Sites” dan “Network Admin”. Di sini, Anda dapat mengedit situs, mengaktifkan dan menonaktifkan tema dan plugin, serta mengatur pengguna dan peran mereka.

Tabel: Informasi Lengkap Mengenai Cara Membuat Multisite WordPress

Langkah
Deskripsi
1
Backup Website Anda
2
Edit File wp-config.php
3
Mengaktifkan Multisite di WordPress
4
Menambahkan Situs Baru
5
Mengelola Situs Multisite Anda

FAQ: Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Multisite WordPress

1. Apa perbedaan antara subdomain dan subfolder di multisite WordPress?

:question: Subdomain memungkinkan Anda untuk membuat situs baru dengan alamat domain yang berbeda seperti situs1.namadomain.com dan situs2.namadomain.com. Subfolder memungkinkan Anda untuk membuat situs baru dengan alamat domain yang sama namun menggunakan folder yang berbeda seperti namadomain.com/situs1 dan namadomain.com/situs2.

2. Apakah saya bisa menggunakan tema dan plugin yang berbeda untuk setiap situs dalam multisite WordPress?

:question: Ya, Anda dapat menggunakan tema dan plugin yang berbeda untuk setiap situs dalam multisite WordPress. Setiap situs dalam multisite WordPress memiliki area admin yang terpisah di mana Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan tema dan plugin sesuai kebutuhan situs tersebut.

3. Apakah saya dapat mengubah situs multisite menjadi situs tunggal WordPress?

:question: Ya, Anda dapat mengubah situs multisite menjadi situs tunggal WordPress. Namun, ini membutuhkan pengetahuan teknis dan langkah-langkah tambahan untuk menghapus situs lain dan mengkonversinya ke situs tunggal.

4. Bisakah saya menambahkan situs baru ke multisite WordPress saya di kemudian hari?

:question: Ya, Anda dapat menambahkan situs baru ke multisite WordPress Anda kapan saja. Pergi ke menu “My Sites” dan pilih “Network Admin” dan “Sites” untuk menambahkan situs baru.

5. Bagaimana cara mengelola pengguna di multisite WordPress?

:question: Anda dapat mengatur pengguna dan peran mereka di menu “My Sites” dan “Network Admin”. Di sini, Anda dapat menambahkan pengguna baru, memberikan peran kepada mereka, dan mengatur akses dan hak pengguna.

Kesimpulan: Tingkatkan Kinerja Website Anda dengan Multisite WordPress

Jadi, rekan blogger, itulah cara membuat multisite WordPress dengan mudah. Meskipun mungkin membutuhkan beberapa langkah tambahan dalam pengaturan awal, multisite WordPress akan sangat membantu bagi mereka yang ingin mengelola beberapa situs web dengan satu instalasi saja. Dengan multisite WordPress, Anda dapat meningkatkan kinerja website Anda dengan efisien, menghemat waktu, dan memperbarui semua situs Anda dengan mudah. Jadi, tunggu apa lagi? Segera coba multisite WordPress dan nikmati manfaatnya sekarang juga!

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang cara membuat multisite WordPress, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah. Kami siap membantu Anda! Selamat mencoba!

Disclaimer:

Artikel ini hanya bertujuan memberikan informasi mengenai cara membuat multisite WordPress. Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau masalah yang timbul akibat penggunaan informasi dalam artikel ini. Pastikan Anda melakukan backup dan mengerti konsekuensi dari mengaktifkan multisite WordPress sebelum melakukannya.

Saran Video Seputar : Cara Membuat Multisite WordPress – Tingkatkan Kinerja Website Anda dengan Mudah

Ahmad Tri S

Ahmad Tri S

"Penulis blog ini merupakan seorang blogger dengan latar belakang blogger, jurnalis dan tech savy, penulis ini secara konsisten memberikan kontribusi berupa kisah-kisah mendalam dan pandangan yang tajam. Karyanya mencerminkan dedikasinya terhadap keahlian blogging yang memukau, membawa pembaca dalam perjalanan pengalaman dan inspirasi."View Author posts

Share this post on social