Skip to content
  • General

Cara Membuat Landing Page di WordPress: Tutorial Lengkap

Saat ini, kehadiran website bukanlah lagi sebuah pilihan, tapi sebuah kebutuhan. Apapun tujuan Anda dalam membuat website, pastinya Anda ingin website Anda dapat ditemukan dengan mudah oleh pengunjung, bukan? Salah satu cara untuk meningkatkan visibilitas dan tingkat konversi website Anda adalah dengan membuat landing page yang efektif. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat landing page di WordPress, platform website yang populer dan mudah digunakan.

🔧 Apa saja keunggulan dan kekurangan dalam membuat landing page di WordPress?

Seperti yang Anda ketahui, WordPress memiliki sejumlah keunggulan dan kekurangan dalam pembuatan landing page. Mari kita lihat beberapa diantaranya:

Keunggulan

1. Kemudahan Penggunaan: WordPress menyediakan berbagai tools dan fitur yang memudahkan pengguna dalam membuat landing page tanpa harus memiliki kemampuan coding yang tinggi. Anda dapat menggunakan theme atau plugin khusus untuk membuat landing page dengan cepat dan mudah.

2. Fleksibilitas: Anda dapat dengan mudah mengatur tampilan dan struktur landing page sesuai kebutuhan Anda. WordPress menyediakan banyak opsi customisasi, termasuk fitur drag and drop, yang memungkinkan Anda untuk mengatur elemen-elemen landing page sesuai keinginan.

3. Banyak Pilihan Theme dan Plugin: Di dalam WordPress terdapat ribuan theme dan plugin yang dirancang khusus untuk kebutuhan pembuatan landing page. Anda dapat memilih theme dan plugin yang sesuai dengan gaya dan tujuan bisnis Anda. Beberapa theme bahkan sudah dilengkapi dengan fitur landing page builder.

Kekurangan

1. Kompleksitas: Meskipun WordPress relatif mudah digunakan, pembuatan landing page yang kompleks sering kali membutuhkan pengetahuan koding yang lebih dalam. Jika Anda menginginkan landing page yang sangat custom dan canggih, mungkin Anda akan membutuhkan jasa seorang web developer yang lebih berpengalaman.

2. Performa: Jika Anda menggunakan banyak plugin dan theme dalam pembuatan landing page, hal tersebut dapat mempengaruhi performa website Anda. Terlalu banyak plugin dapat membuat website menjadi lambat dan rentan terhadap error.

3. Dukungan: Meskipun WordPress memiliki komunitas luas, terkadang sulit untuk menemukan dukungan dan solusi masalah dengan cepat. Jika Anda menghadapi kendala dalam pembuatan landing page, mungkin Anda perlu mencari solusi melalui forum atau menghubungi tim customer support.

📝 Cara Membuat Landing Page di WordPress

Nah, sekarang saatnya kita masuk ke langkah-langkah dalam membuat landing page di WordPress. Berikut adalah panduan lengkapnya:

1. Riset dan Perencanaan

Sebelum Anda mulai membuat landing page di WordPress, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan riset dan perencanaan. Anda perlu mengidentifikasi tujuan landing page Anda, target audiens, dan pesan yang ingin disampaikan. Selain itu, Anda juga perlu melakukan riset kompetitor dan menentukan desain, struktur, dan strategi yang akan Anda gunakan untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Pilih dan Install Theme atau Plugin Landing Page

Setelah Anda memiliki gagasan dan perencanaan, langkah selanjutnya adalah memilih dan install theme atau plugin landing page di WordPress. Anda dapat memilih di antara berbagai theme atau plugin gratis atau berbayar yang tersedia di WordPress. Pastikan theme atau plugin yang Anda pilih kompatibel dengan versi WordPress yang Anda gunakan.

3. Buat Halaman Baru

Setelah theme atau plugin terinstall, buat halaman baru di WordPress untuk landing page Anda. Beri judul halaman sesuai dengan tujuan dan tema landing page Anda. Gunakan editor visual WordPress untuk mengatur tata letak, menambahkan teks, gambar, dan elemen-elemen lain yang relevan dengan landing page Anda.

4. Gunakan Fitur Drag and Drop

Kelebihan menggunakan theme atau plugin landing page di WordPress adalah adanya fitur drag and drop. Fitur ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengatur tata letak dan menambahkan elemen-elemen landing page seperti formulir, tombol call-to-action, testimonial, dan lain sebagainya. Cukup seret dan letakkan elemen tadi ke posisi yang diinginkan di halaman Anda.

5. Atur Pengaturan SEO dan Meta Tags

Untuk meningkatkan visibilitas landing page di mesin pencari seperti Google, pastikan Anda mengatur pengaturan SEO dan meta tags. Gunakan plugin SEO populer seperti Yoast SEO untuk mengoptimalkan pengaturan SEO pada halaman landing page Anda. Isi meta tags seperti judul, deskripsi, dan kata kunci yang relevan dengan konten landing page Anda.

Table: Rangkuman Cara Membuat Landing Page di WordPress

Langkah
Tindakan
Riset dan Perencanaan
Mengidentifikasi tujuan landing page, target audiens, dan pesan yang ingin disampaikan.
Pilih dan Install Theme atau Plugin Landing Page
Memilih theme atau plugin landing page yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan landing page.
Buat Halaman Baru
Membuat halaman baru di WordPress untuk landing page dan mengatur tata letak.
Gunakan Fitur Drag and Drop
Menggunakan fitur drag and drop untuk menambahkan elemen-elemen landing page dengan mudah.
Atur Pengaturan SEO dan Meta Tags
Mengoptimalkan pengaturan SEO dan meta tags untuk meningkatkan visibilitas landing page di mesin pencari.

📚 FAQ: Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apa keuntungan membuat landing page di WordPress?

Anda dapat dengan mudah membuat landing page di WordPress tanpa harus memiliki pengetahuan koding yang tinggi. Selain itu, ada banyak theme dan plugin khusus untuk pembuatan landing page yang dapat membantu meningkatkan konversi.

2. Apakah saya harus menggunakan plugin khusus untuk membuat landing page di WordPress?

Tidak, Anda juga dapat menggunakan theme khusus yang menyediakan fitur pembuatan landing page. Namun, menggunakan plugin khusus biasanya memberikan lebih banyak fleksibilitas dan fitur customisasi yang lebih lengkap.

3. Berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk membuat landing page di WordPress?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat landing page di WordPress tergantung pada tingkat keahlian dan kompleksitas yang Anda inginkan. Dalam beberapa jam hingga beberapa hari, biasanya sudah cukup untuk membuat landing page yang sederhana.

4. Apakah saya perlu menggunakan SEO untuk landing page di WordPress?

Ya, menggunakan SEO pada landing page di WordPress sangat dianjurkan untuk meningkatkan visibilitas dan mendapatkan lebih banyak pengunjung organik. Pastikan Anda mengoptimalkan meta tags, URL, dan konten landing page dengan kata kunci yang relevan.

5. Apa strategi yang efektif untuk meningkatkan konversi pada landing page di WordPress?

Beberapa strategi yang dapat meningkatkan konversi pada landing page di WordPress antara lain: mengoptimalkan desain visual dan tata letak, menulis copy yang menarik dan persuasif, menggunakan testimoni dan ulasan dari pelanggan, dan menambahkan tombol call-to-action yang jelas dan menonjol.

Kesimpulan

Setelah membaca panduan ini, Anda sekarang memiliki pengetahuan yang lebih baik tentang cara membuat landing page di WordPress. Ingatlah untuk melakukan riset dan perencanaan sebelum memulai, memilih theme atau plugin landing page yang tepat, mengatur tata letak dengan fitur drag and drop, dan mengoptimalkan pengaturan SEO dan meta tags.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat membuat landing page yang efektif dan meningkatkan tingkat konversi website Anda. Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan eksperimen dengan landing page di WordPress. Selamat mencoba!

Penutup: Disclaimer

Artikel ini bukanlah panduan resmi dari WordPress dan setiap langkah yang diikuti adalah tanggung jawab pribadi Anda. Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau masalah yang mungkin timbul akibat mengikuti langkah-langkah dalam artikel ini. Pastikan Anda selalu membuat backup website Anda sebelum melakukan perubahan yang signifikan dan konsultasikan dengan ahli jika diperlukan.

Saran Video Seputar : Cara Membuat Landing Page di WordPress: Tutorial Lengkap

Ahmad Tri S

Ahmad Tri S

"Penulis blog ini merupakan seorang blogger dengan latar belakang blogger, jurnalis dan tech savy, penulis ini secara konsisten memberikan kontribusi berupa kisah-kisah mendalam dan pandangan yang tajam. Karyanya mencerminkan dedikasinya terhadap keahlian blogging yang memukau, membawa pembaca dalam perjalanan pengalaman dan inspirasi."View Author posts

Share this post on social