Skip to content
  • General

Cara Membuat Kolom di WordPress: Panduan Lengkap untuk Meningkatkan Tampilan Website Anda

Pengantar

Halo, Rekan Blogger! Selamat datang kembali di blog kami. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang cara membuat kolom di WordPress. Sebagai seorang blogger, tentunya Anda ingin tampilan website Anda terlihat menarik dan profesional. Kolom adalah salah satu cara terbaik untuk memperindah tampilan website Anda. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tutorial lengkap tentang cara membuat kolom di WordPress. Simaklah dengan seksama dan ikuti langkah-langkahnya.

Kelebihan dan Kekurangan Membuat Kolom di WordPress

Sebelum masuk ke tutorialnya, penting bagi Anda untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan kolom di WordPress.

1. Kelebihan Membuat Kolom di WordPress

🚀 Tampilan yang Lebih Menarik: Kolom memberikan efek visual yang menyenangkan bagi para pengunjung. Hal ini akan meningkatkan tingkat keterlibatan dan mengurangi kejenuhan.

🚀 Organisasi Konten yang Lebih Baik: Dengan menggunakan kolom, Anda dapat mengatur konten Anda menjadi beberapa bagian yang terpisah. Hal ini memudahkan pengunjung untuk membaca dan memahami informasi yang disajikan.

🚀 Peningkatan SEO: Dalam hal optimasi mesin pencari (SEO), kolom dapat membantu meningkatkan peringkat situs Anda. Penyusunan konten yang baik dan rapi dapat meningkatkan kepercayaan mesin pencari dan sekaligus meningkatkan peringkat website Anda.

2. Kekurangan Membuat Kolom di WordPress

🚫 Kompatibilitas Tema: Beberapa tema WordPress mungkin tidak memiliki dukungan penuh untuk pembuatan kolom. Hal ini dapat menyebabkan tampilan yang tidak sesuai atau perubahan yang tidak diinginkan pada website Anda.

🚫 Kehilangan Responsivitas: Jika Anda tidak menggunakan metode yang tepat, kolom yang dibuat di WordPress mungkin tidak responsif secara tampilan. Hal ini dapat mengakibatkan masalah tampilan pada perangkat seluler atau tablet.

🚫 Penyuntingan yang Rumit: Beberapa metode pembuatan kolom di WordPress mungkin membutuhkan keterampilan koding yang lebih lanjut. Hal ini dapat menghambat pengguna awam yang tidak terbiasa dengan bahasa pemrograman.

Tutorial Membuat Kolom di WordPress

Langkah-langkah berikut ini akan membantu Anda memahami secara mendalam cara membuat kolom di WordPress. Ikuti instruksi berikut dengan seksama.

1. Memilih Plugin Kolom yang Tepat

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih plugin kolom yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Ada beberapa plugin populer seperti “Elementor”, “WPBakery”, atau “Beaver Builder”. Pilihlah plugin yang paling sesuai dengan tampilan dan fitur yang Anda inginkan.

2. Menginstal dan Mengaktifkan Plugin

Setelah Anda telah memilih plugin yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah menginstal dan mengaktifkannya di WordPress Anda. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Login ke Dashboard WordPress Anda.
  2. Di menu sebelah kiri, pilih “Plugins” dan kemudian klik “Tambah Baru”.
  3. Masukkan nama plugin yang telah Anda pilih di kolom pencarian.
  4. Pilih plugin yang diinginkan dan klik “Pasang Sekarang”.
  5. Setelah proses instalasi selesai, klik “Aktifkan”.

3. Membuat Kolom dengan Plugin yang Dipilih

Setelah menginstal dan mengaktifkan plugin, Anda dapat mulai membuat kolom dengan langkah-langkah berikut:

  1. Buka halaman atau posting di mana Anda ingin menambahkan kolom.
  2. Klik “Edit dengan Plugin” (nama plugin yang Anda pilih).
  3. Pilih opsi “Tambah Kolom” atau serupa, tergantung pada plugin Anda.
  4. Tentukan jumlah kolom yang diinginkan dan atur lebar kolom masing-masing.
  5. Jika diperlukan, Anda juga dapat menambahkan widget atau elemen lainnya ke dalam masing-masing kolom.
  6. Setelah Anda selesai mengatur kolom, klik “Simpan” atau “Terbitkan” untuk menyimpan perubahan.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apakah semua tema WordPress mendukung pembuatan kolom?

🤔 Tidak semua tema WordPress mendukung pembuatan kolom. Beberapa tema mungkin memiliki fitur kolom bawaan, sementara yang lain membutuhkan plugin tambahan.

2. Adakah plugin kolom yang dapat digunakan secara gratis?

🤔 Ya, ada beberapa plugin kolom yang dapat digunakan secara gratis, seperti “Elementor” dan “Beaver Builder”. Namun, beberapa fitur premium mungkin memerlukan pembelian versi berbayar.

3. Bagaimana cara membuat kolom responsif di WordPress?

🤔 Untuk membuat kolom yang responsif di WordPress, pastikan Anda memilih plugin yang memiliki opsi responsif atau mengikuti langkah-langkah yang diberikan di dokumentasi plugin tersebut.

4. Bisakah saya menambahkan gambar atau video ke dalam kolom?

🤔 Ya, Anda dapat menambahkan gambar atau video ke dalam kolom dengan mudah. Cukup gunakan widget atau elemen yang disediakan oleh plugin yang Anda pilih.

5. Apakah ada alternatif lain untuk pembuatan kolom di WordPress?

🤔 Ya, selain menggunakan plugin, Anda juga dapat membuat kolom di WordPress menggunakan kode CSS atau bahasa pemrograman lainnya. Namun, ini membutuhkan tingkat keterampilan yang lebih lanjut.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas tentang cara membuat kolom di WordPress. Kolom dapat memberikan tampilan yang menarik dan membuat konten Anda lebih terorganisir. Kelebihan pembuatan kolom adalah tampilan yang lebih menarik, pengorganisasian konten yang lebih baik, dan peningkatan SEO. Namun, ada juga kekurangan seperti kompatibilitas tema, kehilangan responsivitas, dan kebutuhan akan keterampilan koding. Untuk membuat kolom di WordPress, pilihlah plugin yang tepat, instal dan aktifkan plugin, dan ikuti instruksi yang diberikan.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pengalaman menggunakan metode pembuatan kolom di WordPress, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca, Rekan Blogger!

Disclaimer

Informasi yang disajikan dalam artikel ini hanya untuk tujuan tutorial. Penggunaan metode atau plugin tertentu sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda. Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau masalah apa pun yang mungkin timbul akibat penggunaan informasi ini. Selalu lakukan backup file dan test sebelum menerapkan perubahan pada website Anda.

Saran Video Seputar : Cara Membuat Kolom di WordPress: Panduan Lengkap untuk Meningkatkan Tampilan Website Anda

Ahmad Tri S

Ahmad Tri S

"Penulis blog ini merupakan seorang blogger dengan latar belakang blogger, jurnalis dan tech savy, penulis ini secara konsisten memberikan kontribusi berupa kisah-kisah mendalam dan pandangan yang tajam. Karyanya mencerminkan dedikasinya terhadap keahlian blogging yang memukau, membawa pembaca dalam perjalanan pengalaman dan inspirasi."View Author posts

Share this post on social