Skip to content
  • General

Cara Membuat Form Order di WordPress

Halo Rekan Blogger! Saat ini, memiliki form order di website sudah menjadi hal yang sangat penting untuk bisnis online. Dengan memiliki form order, pelanggan dapat dengan mudah mengirimkan pesanan langsung melalui website Anda, tidak perlu repot-repot menghubungi melalui telepon atau email.

Di artikel ini, kita akan membahas cara membuat form order di WordPress, platform yang populer dan mudah digunakan untuk membangun website. Jadi, jika Anda ingin mengoptimalkan bisnis online Anda dan meningkatkan kenyamanan pelanggan, teruslah membaca.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Membuat Form Order di WordPress

Kelebihan

1. Kemudahan Penggunaan: WordPress menyediakan banyak plugin dan tema yang dapat membantu Anda membuat form order dengan mudah. Anda tidak perlu memiliki keahlian pemrograman yang mendalam atau menghabiskan banyak waktu untuk membangun form order yang fungsional.

2. Kustomisasi yang Fleksibel: Dengan WordPress, Anda dapat dengan mudah mengubah tampilan dan pengaturan form order sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Anda dapat menambahkan kolom-kolom yang dibutuhkan, mengubah tanda-tanda validasi, atau bahkan menyesuaikan desain form order secara keseluruhan.

3. Integrasi dengan Plugin Lain: WordPress memiliki banyak plugin yang kompatibel dengan form order, seperti plugin pembayaran atau plugin pengiriman. Anda dapat mengintegrasikan berbagai layanan dengan mudah, sehingga memudahkan proses transaksi dengan pelanggan.

Kekurangan

1. Keterbatasan Fitur Bawaan: Meskipun WordPress memiliki banyak plugin yang dapat membantu, namun fitur bawaan form order di WordPress terbilang cukup terbatas. Jika Anda memerlukan fitur spesifik yang tidak tersedia, Anda mungkin perlu mengandalkan plugin pihak ketiga atau menggunakan platform lain untuk membangun form order.

2. Potensial Kerentanan Keamanan: Seperti halnya dengan platform lainnya, WordPress juga bisa menjadi target peretas. Jika tidak dijaga dengan baik, form order Anda dapat menjadi celah yang memungkinkan akses oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, pastikan Anda menginstal plugin keamanan dan melakukan update secara reguler.

3. Pelatihan dan Support yang Dibutuhkan: Meskipun WordPress merupakan platform yang relatif mudah digunakan, namun untuk membuat form order yang sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda mungkin memerlukan pelatihan atau mempelajari dokumentasi yang tersedia. Selain itu, jika mengalami masalah, Anda harus mengandalkan forum atau support resmi WordPress untuk mendapatkan bantuan.

Cara Membuat Form Order di WordPress

Langkah
Keterangan
1
Pertama, install plugin form builder seperti ‘Gravity Forms’ atau ‘Contact Form 7’ melalui menu Plugin di WordPress.
2
Setelah plugin terpasang, aktifkan plugin dan buatlah form baru melalui menu ‘Form’ atau ‘Contact Form’ di WordPress dashboard.
3
Tambahkan kolom-kolom yang diperlukan, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan produk yang dipesan.
4
Tentukan tanda validasi untuk setiap kolom, misalnya memastikan format email benar atau membatasi jumlah karakter dalam kolom pesan.
5
Atur penanganan form, misalnya mengirim hasil form ke email Anda atau menyimpannya dalam database.
6
Terakhir, tambahkan form order ke halaman atau posting yang Anda inginkan dengan menggunakan shortcode yang disediakan oleh plugin form builder.

FAQ (Tanya Jawab)

1. Bagaimana cara menambahkan checkbox pada form order?

Anda dapat menambahkan checkbox pada form order dengan menambahkan elemen “Checkbox” pada form builder. Kemudian, tentukan label dan nilai yang diinginkan untuk checkbox tersebut.

2. Bisakah saya menambahkan gambar produk di form order?

Tentu! Jika Anda ingin menampilkan gambar produk di form order, gunakan fitur “Upload Gambar” yang disediakan oleh plugin form builder.

3. Bagaimana cara membuat form order dengan tampilan yang menarik?

Untuk membuat form order dengan tampilan yang menarik, Anda dapat menggunakan fitur kustomisasi yang disediakan oleh plugin form builder. Anda bisa mengubah warna, font, dan tata letak form order agar sesuai dengan branding bisnis Anda.

4. Apa yang harus saya lakukan jika tidak menerima email notifikasi setelah ada order masuk?

Jika Anda tidak menerima email notifikasi setelah ada order masuk, pastikan Anda telah mengkonfigurasi pengaturan email dengan benar di plugin form builder. Jika masih mengalami masalah, periksa juga folder spam atau kontak support resmi plugin yang digunakan.

5. Apakah saya bisa memiliki lebih dari satu form order di website?

Tentu saja! Dengan menggunakan plugin form builder, Anda dapat membuat lebih dari satu form order sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Setiap form order dapat memiliki pengaturan dan integrasi yang berbeda.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas cara membuat form order di WordPress. Kami menyoroti beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan WordPress untuk membuat form order, serta memberikan langkah-langkah yang dapat Anda ikuti.

Bisnis online saat ini semakin maju dan memiliki form order di website Anda menjadi hal yang sangat penting. Dengan form order, Anda dapat memudahkan pelanggan untuk melakukan transaksi dan meningkatkan kenyamanan mereka dalam berbelanja.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba langkah-langkah yang telah kami berikan dan mulailah membuat form order di WordPress Anda. Jika Anda mengikuti langkah-langkah dengan baik, Anda pasti akan memiliki form order yang fungsional dan dapat membantu bisnis Anda untuk tumbuh.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui kolom komentar di bawah ini. Selamat mencoba!

Kata Penutup

Disclaimer: Artikel ini hanya bertujuan sebagai panduan dan tidak menjamin kesuksesan dalam membuat form order di WordPress. Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau kerugian yang mungkin timbul akibat penggunaan informasi dari artikel ini.

Artikel ini disusun dengan penuh perhatian dan berdasarkan pengetahuan kami yang ada saat ini. Namun, teknologi dan platform dapat mengalami perubahan seiring waktu, jadi pastikan untuk memverifikasi informasi ini dengan sumber yang terpercaya.

Gambar:

Cara Membuat Form Order di WordPress
Source www.udinblog.com

 

Saran Video Seputar : Cara Membuat Form Order di WordPress

Ahmad Tri S

Ahmad Tri S

"Penulis blog ini merupakan seorang blogger dengan latar belakang blogger, jurnalis dan tech savy, penulis ini secara konsisten memberikan kontribusi berupa kisah-kisah mendalam dan pandangan yang tajam. Karyanya mencerminkan dedikasinya terhadap keahlian blogging yang memukau, membawa pembaca dalam perjalanan pengalaman dan inspirasi."View Author posts

Share this post on social