Skip to content
  • General

Cara Membuat Daftar Isi di Postingan WordPress

Halo Rekan Blogger! Selamat datang kembali di blog kami yang selalu memberikan informasi menarik seputar blogging dan SEO. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang cara membuat daftar isi di postingan WordPress. Daftar isi adalah salah satu elemen penting yang membantu pembaca untuk lebih mudah menavigasi konten di blog Anda. Dengan adanya daftar isi, pembaca dapat dengan cepat mencari dan mengakses bagian-bagian penting dalam setiap postingan. Nah, bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara membuat daftar isi di WordPress, yuk simak tutorial berikut ini!

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari cara membuat daftar isi di postingan WordPress:

Kelebihan

1. Meningkatkan User Experience (UX): Dengan adanya daftar isi, pembaca akan merasa lebih nyaman dan mudah memahami struktur konten di blog Anda. Mereka dapat dengan cepat melompat ke bagian yang mereka cari tanpa harus scroll manual.

2. Mempercepat Waktu Baca: Dengan daftar isi, pembaca dapat langsung melompat ke bagian yang diminati, sehingga mempercepat waktu baca mereka. Hal ini penting karena pembaca online memiliki waktu perhatian yang relatif pendek.

3. Meningkatkan SEO: Daftar isi memungkinkan mesin pencari seperti Google untuk lebih memahami struktur dasar konten Anda. Ini dapat membantu meningkatkan peringkat halaman Anda di hasil pencarian.

Kekurangan

1. Membutuhkan Waktu dan Usaha: Membuat daftar isi membutuhkan waktu dan usaha tambahan. Anda perlu memilih heading yang relevan, memformatnya dengan benar, dan memastikan keakuratan daftar isi tersebut.

2. Tidak Cocok untuk Konten Pendek: Jika postingan Anda hanya terdiri dari beberapa paragraf, membuat daftar isi mungkin tidak efektif. Hal ini karena daftar isi akan membuat tampilan postingan terlalu panjang.

3. Perlu Pemeliharaan: Jika Anda sering melakukan update atau perubahan pada postingan Anda, Anda perlu memperbarui daftar isi secara manual. Ini bisa menjadi pekerjaan yang membosankan jika Anda memiliki banyak postingan di blog Anda.

Cara Membuat Daftar Isi di Postingan WordPress

Untuk membuat daftar isi di postingan WordPress, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah
Deskripsi
1
Pertama, pastikan Anda telah menginstal dan mengaktifkan plugin ‘Table of Contents Plus’ di WordPress Anda.
2
Buka postingan yang ingin Anda beri daftar isi dan pergi ke editor WordPress.
3
Pastikan Anda telah menggunakan heading (judul) yang benar di dalam konten Anda. Anda dapat menggunakan heading 2 (h2) untuk judul utama, dan heading 3 (h3) untuk sub judul di dalamnya.
4
Jika Anda ingin mengatur tampilan daftar isi, Anda dapat menyesuaikannya di pengaturan plugin ‘Table of Contents Plus’.
5
Setelah selesai mengedit konten, simpan perubahan dan lihat tampilan daftar isi di postingan Anda.

FAQ

1. Apakah menggunakan plugin daftar isi diperlukan?

Ya, menggunakan plugin daftar isi seperti ‘Table of Contents Plus’ akan mempermudah Anda dalam membuat dan mengatur daftar isi di WordPress.

2. Bisakah saya menggunakan heading lain selain h2 dan h3?

Tentu, Anda dapat menggunakan heading apa pun yang Anda inginkan. Namun, untuk tata letak yang konsisten, disarankan untuk menggunakan heading 2 dan heading 3.

3. Apakah saya perlu memperbarui daftar isi setiap kali saya melakukan perubahan pada postingan?

Ya, jika Anda melakukan perubahan pada heading atau struktur konten di postingan, Anda perlu memperbarui daftar isi secara manual.

4. Apakah daftar isi hanya berlaku untuk postingan blog?

Tidak, Anda juga dapat menggunakan daftar isi di halaman statis di WordPress, seperti halaman tentang atau kontak.

5. Adakah alternatif plugin daftar isi lainnya di WordPress?

Ya, ada beberapa plugin daftar isi lainnya yang dapat Anda pilih, seperti ‘Easy Table of Contents’ dan ‘LuckyWP Table of Contents’.

Kesimpulan

Setelah mengikuti tutorial ini, Anda sekarang tahu bagaimana cara membuat daftar isi di postingan WordPress. Daftar isi adalah fitur yang berguna untuk membantu pembaca menavigasi konten di blog Anda dengan mudah. Pastikan Anda mengatur dan mengedit konten Anda dengan benar agar daftar isi dapat berfungsi dengan baik. Gunakan plugin daftar isi seperti ‘Table of Contents Plus’ untuk mempermudah pekerjaan Anda. Jangan lupa untuk memperbarui daftar isi setiap kali Anda melakukan perubahan pada postingan Anda.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera terapkan cara membuat daftar isi di postingan WordPress ini dan tingkatkan pengalaman pembaca Anda saat menjelajahi blog Anda. Selamat mencoba!

Disclaimer: Artikel ini disusun berdasarkan pengalaman pribadi dan pengetahuan kami dalam menggunakan WordPress. Perubahan atau pengaturan pada tema atau plugin yang Anda gunakan mungkin mempengaruhi cara pembuatan dan tampilan daftar isi di postingan WordPress Anda.

Saran Video Seputar : Cara Membuat Daftar Isi di Postingan WordPress

Ahmad Tri S

Ahmad Tri S

"Penulis blog ini merupakan seorang blogger dengan latar belakang blogger, jurnalis dan tech savy, penulis ini secara konsisten memberikan kontribusi berupa kisah-kisah mendalam dan pandangan yang tajam. Karyanya mencerminkan dedikasinya terhadap keahlian blogging yang memukau, membawa pembaca dalam perjalanan pengalaman dan inspirasi."View Author posts

Share this post on social