Skip to content
  • General

Cara Membuat WordPress Multisite

Pendahuluan

Salam, Rekan Blogger! Bagi Anda yang memiliki banyak blog WordPress dan ingin mengelolanya dengan lebih efisien, maka WordPress Multisite adalah solusinya. Dengan WordPress Multisite, Anda dapat mengelola beberapa situs WordPress dari satu instalasi WordPress yang sama. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail cara membuat WordPress Multisite yang mudah dan efektif.

Jika Anda sudah memiliki pengetahuan dasar mengenai WordPress dan telah memiliki instalasi WordPress aktif, maka Anda siap untuk membuat WordPress Multisite. Namun, jika Anda belum memiliki instalasi WordPress, pastikan untuk menginstal WordPress terlebih dahulu sebelum melanjutkan.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan langkah-langkahnya secara terperinci, memberikan Anda panduan yang mudah diikuti untuk membuat WordPress Multisite. Setelah mendapatkan gambaran tentang cara kerja WordPress Multisite, Anda dapat menerapkannya dalam kegiatan blogging Anda dan mengelola blog secara efisien.

Kelebihan dan Kekurangan WordPress Multisite

Kelebihan WordPress Multisite

🚀 Skalabilitas: Salah satu keuntungan besar dari menggunakan WordPress Multisite adalah skalabilitasnya. Anda dapat dengan mudah menambahkan, mengelola, dan mengontrol banyak situs WordPress dengan satu instalasi.

🔐 Keamanan: Dalam WordPress Multisite, Anda dapat mengatur pengaturan keamanan secara konsisten di semua situs Anda. Jika Anda memiliki banyak blog, mengelola keamanan menjadi jauh lebih efisien dengan WordPress Multisite.

⌛ Efisiensi Pengelolaan: Dengan menggunakan WordPress Multisite, Anda dapat menghemat waktu dan usaha dalam mengelola berbagai aspek teknis dari setiap situs terpisah. Anda dapat mengelola tema, plugin, pengguna, dan pembaruan secara sentralized.

Kekurangan WordPress Multisite

💻 Kompleksitas: Membuat dan mengatur WordPress Multisite membutuhkan pengetahuan teknis yang lebih mendalam daripada mengelola satu situs WordPress biasa.

🔌 Plugin Kompatibilitas: Beberapa plugin mungkin tidak sepenuhnya kompatibel dengan WordPress Multisite. Sebelum mengaktifkan plugin pada WordPress Multisite, pastikan plugin tersebut mendukung penggunaan multisite.

📉 Pengelolaan Sumber Daya: Jika Anda mendapatkan banyak traffic dan pengguna aktif di semua situs WordPress Multisite Anda, pengelolaan sumber daya seperti server dan bandwidth mungkin menjadi lebih rumit dan memakan biaya.

Langkah-langkah Membuat WordPress Multisite

Langkah
Deskripsi
1
Buka file “wp-config.php” di root folder WordPress Anda menggunakan editor teks favorit Anda.
2
Pada baris paling atas, tambahkan kode berikut: /* Enable Multisite */
3
Di bawah kode tersebut, tambahkan baris berikut: define('WP_ALLOW_MULTISITE', true);
4
Simpan perubahan pada file “wp-config.php”.
5
Akses kembali situs WordPress Anda dan masuk ke halaman Admin Dashboard.
6
Pada menu Tools, pilih “Network Setup”.
7
Pilih apakah Anda ingin menginstal WordPress Multisite menggunakan subdomain atau subdirektori.
8
Isi informasi jaringan situs Anda dan klik “Install”.
9
Ikuti petunjuk yang muncul untuk menyelesaikan instalasi WordPress Multisite.
10
Setelah instalasi selesai, Anda akan diberikan instruksi mengenai pengaturan DNS dan pengeditan file “wp-config.php” untuk menyelesaikan proses konfigurasi WordPress Multisite.

FAQ (Pertanyaan Umum)

1. Apakah saya dapat mengubah situs WordPress tunggal yang sudah ada menjadi WordPress Multisite?

Iya, Anda dapat mengubah situs WordPress tunggal yang sudah ada menjadi WordPress Multisite. Namun, sebelum melakukannya, pastikan untuk melakukan backup semua data dan mengikuti langkah-langkah konversi dengan hati-hati untuk mencegah kehilangan data.

2. Apakah saya perlu menggunakan tema dan plugin yang kompatibel dengan WordPress Multisite?

Ya, untuk menghindari masalah kompatibilitas, pastikan untuk menggunakan tema dan plugin yang secara khusus mendukung penggunaan WordPress Multisite. Cek dokumentasi dan keterangan dari pengembang theme atau plugin.

3. Bisakah saya mengelola situs WordPress Multisite dari aplikasi seluler?

Iya, Anda dapat mengelola situs WordPress Multisite Anda menggunakan aplikasi seluler WordPress. Aplikasi WordPress resmi memiliki fitur yang memungkinkan Anda mengelola beberapa situs dari satu aplikasi.

4. Apakah WordPress Multisite mempengaruhi kecepatan situs saya?

Secara umum, WordPress Multisite tidak memiliki dampak besar terhadap kecepatan situs Anda. Namun, masing-masing situs dalam WordPress Multisite harus dioptimalkan secara individu untuk mendapatkan performa terbaik.

5. Bisakah saya menggunakan domain kustom pada setiap situs WordPress Multisite?

Iya, Anda dapat menggunakan domain kustom untuk setiap situs WordPress dalam WordPress Multisite. Proses setup domain kustom bergantung pada konfigurasi DNS dan langkah-langkah tertentu yang harus diikuti.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat membuat WordPress Multisite dengan mudah dan efektif. Dengan menggunakan WordPress Multisite, Anda dapat mengelola beberapa situs WordPress dari satu instalasi, menghemat waktu, dan meningkatkan efisiensi pengelolaan blog Anda. Pastikan untuk mempertimbangkan baik kelebihan maupun kekurangan WordPress Multisite sebelum memutuskan untuk mengimplementasikannya.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai cara membuat WordPress Multisite, jangan ragu untuk bertanya melalui kolom komentar di bawah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam mengelola blog dengan menggunakan WordPress Multisite. Selamat mencoba!

Disclaimer: Artikel ini hanya bertujuan memberikan panduan umum mengenai cara membuat WordPress Multisite. Setiap tindakan yang Anda lakukan atas informasi yang disediakan dalam artikel ini sepenuhnya adalah tanggung jawab Anda sendiri.

Saran Video Seputar : Cara Membuat WordPress Multisite

Ahmad Tri S

Ahmad Tri S

"Penulis blog ini merupakan seorang blogger dengan latar belakang blogger, jurnalis dan tech savy, penulis ini secara konsisten memberikan kontribusi berupa kisah-kisah mendalam dan pandangan yang tajam. Karyanya mencerminkan dedikasinya terhadap keahlian blogging yang memukau, membawa pembaca dalam perjalanan pengalaman dan inspirasi."View Author posts

Share this post on social