Skip to content
  • General

Cara Buat Subdomain di Blogspot

Halo Sobat Blogging! Apakah kamu memiliki blog di platform Blogspot? Jika iya, mungkin kamu pernah merasa terbatasi dengan tampilan URL yang panjang dan sulit diingat. Nah, ada solusi untuk masalah tersebut yaitu dengan membuat subdomain di Blogspot. Pada artikel ini, kita akan membahas secara detail langkah-langkah untuk membuat subdomain di Blogspot. Langsung saja, simak penjelasan di bawah ini ya!

Pendahuluan

Cara membuat subdomain di Blogspot sebenarnya cukup mudah dilakukan. Subdomain merupakan bagian dari domain utama yang akan mengarahkan pengunjung ke suatu halaman tertentu. Dalam kasus ini, kita akan membuat subdomain untuk blog yang sudah tersedia di Blogspot. Dengan menggunakan subdomain, URL blog kita akan menjadi lebih singkat, ringkas, dan mudah diingat oleh pengunjung.

Sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari cara membuat subdomain di Blogspot. Dengan demikian, kita dapat menilai apakah metode ini cocok untuk kebutuhan blog kita.

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan subdomain di Blogspot:

Kelebihan Cara Buat Subdomain di Blogspot

🚀 Memperpendek URL blog kamu menjadi lebih ringkas.

🚀 Memudahkan pengunjung dalam mengingat alamat blog kamu.

🚀 Lebih profesional dan terlihat lebih serius dalam mengelola blog.

Kekurangan Cara Buat Subdomain di Blogspot

❌ Tidak bisa menggunakan subdomain apabila blog kamu masih menggunakan domain dasar blogspot.com.

❌ Proses pengaturan dan konfigurasi subdomain membutuhkan pengetahuan teknis yang mungkin tidak dimiliki oleh pemula.

❌ Menggunakan subdomain membutuhkan beberapa tahap yang harus dilakukan secara benar agar tidak mengganggu kinerja blog dan tampilan halaman.

Cara Buat Subdomain di Blogspot dengan Langkah-Langkah

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu ikuti dalam membuat subdomain di Blogspot:

1. Pilih dan Daftarkan Nama Subdomain

Pertama-tama, kamu perlu memilih dan mendaftarkan nama subdomain yang akan digunakan. Pastikan nama subdomain tersebut masih tersedia dan sesuai dengan tema atau niche blog kamu. Setelah itu, buka akun domain hosting kamu dan buat subdomain baru.

2. Arahkan Subdomain ke Blogspot

Selanjutnya, kamu perlu mengarahkan subdomain yang telah kamu buat ke Blogspot. Caranya adalah dengan mengakses pengaturan DNS di akun domain hosting kamu dan menambahkan record CNAME yang mengarahkan ke ghs.google.com. Simpan perubahan yang telah dilakukan.

3. Konfigurasi Subdomain di Blogspot

Masuk ke akun Blogger kamu dan buka menu “Settings”. Pilih opsi “Custom Domain” dan masukkan nama subdomain yang telah kamu daftarkan sebelumnya. Klik “Save” untuk menyimpan pengaturan tersebut.

4. Verifikasi Subdomain

Setelah itu, kamu perlu melakukan verifikasi subdomain. Tempelkan kode verifikasi yang telah disediakan oleh Blogspot ke record DNS pada akun domain hosting. Tunggu beberapa saat hingga proses verifikasi selesai.

5. Selesai

Terakhir, subdomain kamu telah berhasil dibuat dan terhubung dengan blog di platform Blogspot. Kamu dapat mengakses blog kamu melalui subdomain yang telah disetel sebelumnya.

Tabel Informasi Cara Buat Subdomain di Blogspot

No
Langkah
Penjelasan
1
Pilih dan Daftarkan Nama Subdomain
Milih dan mendaftarkan nama subdomain yang akan digunakan pada blog kamu.
2
Arahkan Subdomain ke Blogspot
Arahkan subdomain yang telah dibuat ke platform Blogspot menggunakan pengaturan DNS di akun domain hosting.
3
Konfigurasi Subdomain di Blogspot
Setel subdomain di akun Blogger dan pilih opsi “Custom Domain” untuk menghubungkannya dengan blog kamu.
4
Verifikasi Subdomain
Lakukan verifikasi subdomain dengan memasukkan kode verifikasi ke record DNS pada akun domain hosting.
5
Selesai
Subdomain berhasil dibuat dan terhubung dengan blog di Blogspot.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah saya bisa membuat beberapa subdomain untuk satu blog di Blogspot?

Iya, kamu dapat membuat beberapa subdomain untuk satu blog di Blogspot. Namun, setiap subdomain akan memerlukan konfigurasi dan verifikasi yang berbeda.

2. Apakah saya bisa mengubah subdomain setelah dibuat?

Tidak, setelah subdomain dibuat dan diatur, tidak dapat diubah. Namun, kamu dapat membuat subdomain baru dengan nama yang diinginkan.

3. Apakah semua hosting domain mendukung pembuatan subdomain?

Tidak semua hosting domain mendukung pembuatan subdomain. Pastikan kamu menggunakan domain hosting yang mendukung fitur ini sebelum melakukan langkah-langkah di atas.

4. Apakah subdomain dapat diarahkan ke laman atau halaman tertentu dalam blog?

Iya, subdomain dapat diarahkan ke laman atau halaman tertentu dalam blog. Caranya adalah dengan mengatur pengalihan pada pengaturan blogger atau menggunakan plugin khusus.

5. Apakah saya bisa menggunakan subdomain jika blog saya masih menggunakan domain dasar blogspot.com?

Tidak, subdomain hanya dapat digunakan jika blog kamu sudah menggunakan domain kustom. Pastikan kamu telah membeli domain dan menggunakannya pada blog kamu sebelum membuat subdomain.

Kesimpulan

Setelah mengetahui langkah-langkah dan informasi mengenai cara membuat subdomain di Blogspot, kamu dapat mengelola dan mengoptimalkan blog kamu dengan lebih baik. Subdomain dapat mempermudah pengunjung dalam mengakses blog kamu dan memberikan kesan yang lebih profesional. Meskipun ada beberapa kekurangan dalam menggunakan subdomain, namun manfaatnya sangat signifikan dalam membangun citra blog yang profesional. Jadi, tunggu apa lagi? Segera buat subdomain di Blogspot kamu sekarang juga dan nikmati kemudahannya!

Kata Penutup

Demikianlah informasi dan panduan mengenai cara membuat subdomain di Blogspot. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mengoptimalkan blog dan meningkatkan pengalaman pengunjung. Jika kamu memiliki pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah. Terima kasih telah membaca, Sobat Blogging! Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Saran Video Seputar : Cara Buat Subdomain di Blogspot

Ahmad Tri S

Ahmad Tri S

"Penulis blog ini merupakan seorang blogger dengan latar belakang blogger, jurnalis dan tech savy, penulis ini secara konsisten memberikan kontribusi berupa kisah-kisah mendalam dan pandangan yang tajam. Karyanya mencerminkan dedikasinya terhadap keahlian blogging yang memukau, membawa pembaca dalam perjalanan pengalaman dan inspirasi."View Author posts

Share this post on social